Senin 21 Feb 2022 18:42 WIB

Kenali 7 Tanda Jantung Mulai tak Sehat dan Perlu Pemeriksaan

Tanda-tanda awal penyakit jantung seringkali tidak jelas.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Tanda-tanda awal penyakit jantung seringkali tidak jelas.
Foto:

5. Mengalami sakit atau terbakar di dada

Ini bisa menjadi mulas, tapi mungkin juga tidak. "Ketika pipa jantung] tersumbat, mungkin muncul perlahan sebagai nyeri samar di sekitar dada, lengan, leher dan punggung," ujar dr Bhusri.

 

6. Gusi berdarah saat disikat

Perhatikan bahwa menyikat gigi dan flossing sederhana menyebabkan gusi Anda berdarah? Busa pasta gigi berwarna merah tidak normal dan dapat mengindikasikan gingivitis (gusi yang meradang) atau penyakit gusi.

Namun, untuk jantung Anda, periodontitis (penyakit gusi) dikaitkan dengan tekanan darah sistolik yang lebih tinggi dan kontrol tekanan darah yang lebih buruk bagi orang yang menggunakan obat penurun tekanan darah, menurut sebuah studi tahun 2018 di Hipertensi.

Bicaralah dengan dokter gigi Anda tentang cara-cara Anda dapat meningkatkan kesehatan mulut Anda, tetapi sebutkan juga kepada dokter Anda.

 

7. Detak jantung istirahat lebih tinggi dari normal

Untuk mengukur detak jantung saat istirahat, letakkan jari telunjuk dan jari tengah di pergelangan tangan di bawah ibu jari atau di satu sisi leher untuk menemukan denyut nadi Anda. Hitung jumlah detak selama 30 detik, dan kalikan angka itu dengan dua untuk skor detak per menit (bpm) Anda, menurut Harvard Health Publishing.

Jika Anda memiliki 60 hingga 100 bpm (dan idealnya di bawah 90 bpm), itu merupakan indikasi bahwa otot jantung Anda bekerja dengan baik. Apa pun yang lebih tinggi dari itu (atau jauh lebih tinggi dari biasanya untuk Anda) layak disebutkan pada pemeriksaan Anda berikutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement