Kamis 17 Feb 2022 22:27 WIB

Ilmuwan Rekayasa Ikan Buatan dari Sel Jantung Manusia

Terobosan ikan ini bisa menjadi harapan terhadap penelitian jantung manusia.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Terobosan ikan ini bisa menjadi harapan terhadap penelitian jantung manusia.
Foto: Foto : MgRol112
Terobosan ikan ini bisa menjadi harapan terhadap penelitian jantung manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ilmuwan di Harvard University telah merekayasa ikan buatan yang ekornya mengepak dan didukung oleh sel-sel dari jantung manusia. Ini menjadi sebuah proyek terobosan yang telah memicu harapan untuk masa depan penelitian jantung.

Tim ilmuwan di Harvard, bekerja sama dengan Emory University, membangun "ikan biohibrida" menggunakan kertas, plastik, gelatin, dan dua strip sel otot jantung hidup, yang kontraksinya menarik ekor ikan dari sisi ke sisi dan membiarkannya bergerak dan berenang.

Baca Juga

Tim peneliti menerbitkan temuannya di jurnal Science pekan lalu, dan video yang dirilis oleh Harvard School of Engineering and Applied Sciences (Laut) di Twitter menunjukkan seekor ikan robot kecil mengepakkan ekornya serta bergerak selama sekitar 20 detik. Studi ini menandai langkah yang penuh harapan dalam kemajuan perawatan jantung seperti alat pacu jantung. 

“Manfaat dari proyek ikan ini adalah kami masih mencoba menguasai kerajinan menggunakan sel hidup sebagai substrat rekayasa,” kata Kit Parker, salah satu penulis studi tersebut, kepada The Guardian, dilansir Kamis (17/2/2022).

Menurut dia, jantung sangat kompleks dan tidak cukup untuk meniru anatomi. Parker yang merupakan seorang profesor Seas itu mengatakan seseorang harus menciptakan kembali biofisika agar memiliki perilaku kuat yang diperlukan untuk membangun hati yang direkayasa untuk anak-anak yang lahir dengan hati cacat.

Sebelumnya, Parker mengatakan kepada NPR bahwa pada awalnya para ilmuwan tidak yakin berapa lama sekolah ikan buatan akan berfungsi tetapi bisa berenang selama lebih dari 100 hari. Parker mengatakan bahwa timnya sangat terkejut. Dengan mereplikasi biofisika jantung ke dalam ikan ini, peneliti mengaktifkan berbagai proses di dalam sel-sel ini yang dirancang untuk membantu mereka mempertahankan diri.

“Kami berharap bahwa dalam upaya kami berikutnya, kami akan menjaga sel-sel ini dan jaringan-jaringan ini hidup lebih lama bahkan lebih dari empat setengah bulan,” ujarnya.

Sel-sel otot dalam percobaan dilaporkan tumbuh lebih kuat dengan olahraga, indikasi positif bahwa ini dapat diterapkan dalam mengobati gagal jantung. Parker sebelumnya juga merupakan bagian dari tim Harvard yang pada tahun 2016 membuat robot ikan pari kecil dan ditenagai oleh sel-sel jantung dari tikus yang berkontraksi saat terkena cahaya.

Terlepas dari perkembangan terbaru yang luar biasa, Parker mengatakan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Ilmuwan mempelajari apa yang perlu dipelajari, dan telah menyesuaikan penemuan dengan upaya l saat ini untuk memahami penyakit anak. Sekarang para ahli melanjutkan untuk mencoba membangun model organisme laut tiga dimensi yang lebih kompleks menggunakan sel jantung manusia dan biofisika jantung manusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement