Selasa 15 Feb 2022 19:38 WIB

Limfoma Hodgkin Bisa Disembuhkan, Penderita Harus Dapat Kombinasi-Dosis Obat yang Tepat

Kanker limfoma Hodgkin harus ditangani dengan teliti agar bisa sembuh.

Bassis band punk rock Blink-82, Mark Hoppus, telah menjalani kemoterapi setelah didiagnosis limfoma stadium empat. Perlu kombinasi obat dan dosis obat yang tepat untuk penanganan limfoma Hodgkin.
Foto:

Pentingnya keadilan dalam layanan kesehatan

Dr Ronald pun menegaskan pentingnya keadilan dalam kesehatan, yakni ketika setiap orang bisa mengakses fasilitas kesehatan tanpa halangan atau batasan akibat status sosial. Dia menjelaskan, dalam pelayanan kesehatan, ketidaksamaan mengacu pada distribusi sumber daya manusia yang tak merata.

Sementara ketidakadilan artinya ada perbedaan yang sebetulnya bisa dihindari dalam pelayanan. Semua lapisan masyarakat diharapkan punya kesadaran atas pentingnya keadilan dalam perawatan kanker.

"Kesenjangan memengaruhi semua orang, termasuk Anda dan orang yang Anda cintai. Hambatan ini bukan sesuatu yang kaku dan permanen, mereka dapat diubah," kata dia.

Upaya mengurangi ketidakadilan, menurut dr Ronald, bisa dimulai dengan memberikan edukasi publik tentang pencegahan kanker hingga melengkapi tenaga kesehatan dengan kemampuan dan pengetahuan mencakup bagaimana ketidakadilan mempengaruhi pelayanan kanker. Kemudian, penting juga memperkuat pelayanan kesehatan primer serta mengatasi faktor ekonomi dan sosial yang secara negatif dapat memengaruhi pelayanan kesehatan lewat kebijakan dan program.

Di Amerika Serikat dan Australia, menurut dr Ronald, angka harap hidup kanker bisa mencapai 90 persen. Sementara di Asia, misalnya Malaysia dan Thailand, angkanya masih 60-65 persen.

"Harusnya dengan semakin tinggi kesadaran, angka ini bisa diperbaiki bersama."

Kanker kelenjar getah bening atau limfoma menyerang sel darah putih yang merupakan sistem kekebalan tubuh. Kanker yang menyerang getah bening terbagi atas dua, yakni limfoma Hodgkin dan non Hodgkin dengan perbedaan terletak pada sudut patologinya. Risiko terkena kanker limfoma Hodgkin rentan terjadi pada usia 15-40 tahun atau di atas 55 tahun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement