Senin 14 Feb 2022 19:07 WIB

Trik Simpel Buat yang Sering Mendadak Pusing Saat Beranjak dari Kursi atau Tempat Tidur

Ada trik simpel untuk mengatasi pusing saat beranjak dari kursi atau tempat tidur.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Pusing (Ilustrasi). Pusing saat berdiri adalah fenomena umum yang mungkin pernah orang alami setidaknya sekali seumur hidup. Ada cara sederhana untuk mengatasinya.
Foto:

Setiap peserta melakukan tiga percobaan, yakni satu kali mereka harus berdiri secara normal dan dua kali percobaan setelah berlatih latihan sebelum berdiri. Para peneliti menemukan bahwa meningkatkan otot-otot tubuh bagian bawah memangkas kemungkinan gejala tak menyenangkan itu saat berdiri.

Hal ini terbukti dengan analisis berbagai pengukuran darah dan jantung. Salah satu metode melibatkan menyilangkan kaki sambil duduk diikuti dengan secara aktif mengencangkan otot paha dan bokong segera setelah berdiri.

Cara lain ialah dengan mengangkat lutut, sehingga kaki lebih tinggi dari lantai, sebelum berdiri. Kini, para peneliti meyakini bahwa mereka telah menemukan cara yang bebas biaya dan sederhana sebagai solusi pusing saat bangun dari duduk.

Trik untuk mengurangi kemungkinan pusing saat berdiri ini dapat dilakukan di mana saja, dan kapan saja. Temuan yang dipublikasikan di Heart Rhythm itu sekarang perlu divalidasi pada pria dan orang tua. National Health Society (NHS) di Inggris merekomendasikan masyarakat untuk menemui dokter  khawatir atau jika pusing tidak akan hilang atau terus datang kembali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement