Selasa 08 Feb 2022 01:00 WIB

Makanan dan Minuman Ini Bantu Ringankan Efek Samping Vaksin Covid-19

Mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat bantu ringankan efek samping vaksinasi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Menyantap makanan sehat dapat membantu menghasilkan respons imun kuat setelah vaksinasi Covid-19.
Foto:

Pola makan yang sehat juga dapat mendukung pembentukan respons imun yang lebih kuat. Studi pada lansia menunjukkan bahwa individu yang mengonsumsi lima porsi buah dan sayur atau lebih dalam sehari memiliki respons imun yang lebih kuat setelah vaksinasi pneumokokus.

Asupan rendah indeks glikemik

Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang rendah bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kadar gula darah yang stabil cenderung menunjang sifat antiiflamasi. Beberapa contoh makanan yang dianjurkan adalah sayuran hijau, buah, roti gandum, dan daging tanpa lemak.

Sup ayam untuk tenangkan pencernaan

Asupan sup ayam yang hangat bisa dicerna dengan mudah di dalam tubuh. Di samping itu, sup ayam juga memuat beragam sayur yang bernutrisi.

Makanan tinggi serat untuk respons imun

Spesialis gizi Dr Todd Born menganjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat dan makanan fermentasi secara rutin, minimal dua pekan sebelum vaksinasi. Makanan tinggi serat dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus yang mendukung respons imun.

Makanan fermentasi bisa membantu meningkatkan mikroba usus yang meningkatkan respons imun. Beberapa contoh makanan fermentasi adalah yogurt, kefir, dan kimchi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement