Senin 07 Feb 2022 21:38 WIB

Enam Langkah Jaga Kesehatan Paru Menurut Ahli Pulmonologi

Menjaga kesehatan paru makin penting di masa pandemi Covid-19.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Rontgen paru. Kesehatan paru bisa dijaga dengan berbagai cara.
Foto:

Konsumsi makanan seimbang, olahraga, dan mengurangi stres, memang salah satu cara untuk bernapas lebih mudah. Tapi, ada rutinitas harian khusus untuk merawat paru-paru, menurut ahli pulmonologi dr Arvind Kate. Berikut di antaranya:

1. Berhenti merokok: Ini adalah kebutuhan bagi tubuh saat ini/ Berhenti merokok akan menyelamatkan paru-paru. Cobalah ikuti program berhenti merokok untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini. Melakukannya dapat membantu mengurangi risiko kanker paru-paru dan penyakit paru-paru lainnya, seperti bronkitis kronis dan emfisema.

2. Latihan pernapasan: Lakukan sesuai saran dokter. Latihan-latihan ini dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Selain itu, latihan fisik secara teratur juga akan membantu menjaga paru-paru tetap dalam kondisi prima.

3. Segera vaksinasi: Jika telah mendapat jadwal vaksinasi, lakukan saja segera. Sangat penting bagi kita untuk mengambil vaksin flu dan pneumonia untuk menghindari infeksi paru-paru sekaligus meningkatkan kesehatan paru-paru.

4. Hindari paparan polusi udara: Tetap tinggal di dalam ruangan saat kualitas udara di luar buruk. Gunakan pelembap udara yang baik di rumah agar anggota keluarga bisa bernapas lega.

5. Pertahankan kebersihan yang baik: Pakailah masker, gunakan pembersih tangan, dan jaga jarak untuk mencegah infeksi pernapasan. Jangan menyentuh mulut, wajah, atau hidung, dan cuci tangan dengan benar untuk membunuh kuman. Hindari mengunjungi tempat-tempat ramai.

6. Minum cukup air: Tetap terhidrasi akan membantu menjaga lapisan mukosa di paru-paru tetap tipis dan paru-paru akan dapat berfungsi dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement