Sabtu 29 Jan 2022 22:18 WIB

6 Aktivitas di Sore Hari yang Bisa Bantu Tidur Nyenyak

Rutinitas sore bisa menghasilkan tidur yang lebih baik di malam hari.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Rutinitas sore bisa menghasilkan tidur yang lebih baik di malam hari.
Foto:

4. Latih teknik relaksasi

Menurut Dr Holliday-Bell, berlatih pernapasan dalam, relaksasi otot progresif, atau latihan meditasi di sore hari sebenarnya bisa membuatnya lebih efektif menjelang tidur. Mengapa? Sore hari adalah jendela stres rendah ketika Anda tidak secara aktif mencoba menggerakkan tubuh ke mode tidur. 

Setelah Anda merasa nyaman dengan latihan relaksasi dalam skenario itu, maka akan menjadi lebih mudah untuk digunakan saat Anda berguling dan berputar. 

5. Hindari kopi sore

Menyeruput kopi di sore hari mungkin sangat menggiurkan. Tetapi langkah terbaik adalah menjaga asupan kafein di pagi hari, dan meraih camilan yang berenergi sebagai gantinya saat sore. “Kafein memiliki waktu paruh sekitar lima jam,” kata Dr Holliday-Bell.

Itu berarti bahwa setelah lima jam, setengah dari apa pun yang dikonsumsi akan tetap berada di sistem tubuh. Kopi dapat memiliki efek stimulasi yang bertahan lama hingga malam hari. Sehingg oyu dapat menghalangi kemampuan untuk tertidur.

6. Jangan bekerja di tempat tidur

Terkadang orang bisa bekerja di tempat tidur. Karena otak menghubungkan tempat tidur dengan aktivitas malam hari, maka menggunakan kasur saat sore hari dapat membingungkan banyak hal dan secara halus mengacaukan jadwal tidur. Selain untuk tidur, hindari memakai tempat itu untuk kegiatan lain. 

“Kami memberi tahu pasien bahwa tempat tidur adalah untuk tidur dan untuk seks,” jelas spesialis tidur Carleara Weiss, PhD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement