Selasa 25 Jan 2022 21:40 WIB

Dibandingkan Telur dan Daging, Susu Sumber Protein Hewani Terbaik

Anak membutuhkan protein hewani untuk mencegah stunting.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Susu sapi (Ilustrasi). Produk susu merupakan salah satu protein hewani yang dinilai paling efektif dalam menurunkan risiko stunting dibandingkan dengan jenis protein hewani lain, seperti telur dan daging.
Foto:

Menurut Prof Sandra, susu mengandung hormon yang merangsang faktor pertumbuhan, yaitu IGF-1 (memfasilitasi pertumbuhan dengan meningkatkan penyerapan asam amino, yang terintegrasi menjadi protein baru di jaringan tulang). Susu juga merupakan makanan alami anak karena sejak lahir sudah diberikan susu.

"Susu praktis dikonsumsi, tidak memerlukan persiapan khusus dan disukai oleh anak," tutur Prof Sandra yang juga wakil ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan (PKGK) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Studi juga menyebutkan susu meningkatkan pertumbuhan dengan menyediakan energi, protein, dan zat gizi mikro dan dengan merangsang faktor pertumbuhan (IGF-1). IGF-1 adalah yang paling melimpah di tulang dan memfasilitasi pertumbuhan dengan meningkatkan penyerapan asam amino, yang diintegrasikan ke dalam protein baru di jaringan tulang. 

Di awal kehidupan, asam amino esensial (AAE) sangat penting untuk pertumbuhan linear dan perkembangan neurokognitif. Studi lain yang menganalisis 112.553 anak usia enam sampai 23 bulan dari 49 negara menemukan bukti hubungan kuat antara stunting dan konsumsi protein hewani seperti konsumsi susu, daging atau ikan, dan telur.

Di antara anak-anak usia 18 sampai 23 bulan, terjadi pengurangan stunting dengan mengonsumsi susu, telur, dan daging atau ikan sebesar 6,6 poin (3,4 dari susu, 1,3 poin dari telur, dan 2,1 poin dari daging atau ikan).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement