Selasa 25 Jan 2022 21:15 WIB

Seberapa Banyak Anak yang Alami KIPI Vaksin Covid-19?

Ada kabar yang menyebut banyak anak alami KIPI setelah vaksinasi Covid-19.

Orang tua mendampingi siswa saat vaksinasi Covid-19 susulan di SD Muhammadiyah Sagan, Yogyakarta, Selasa (25/1/2022). Komisi Nasional KIPI menerima laporan KIPI anak dan remaja, namun jumlahnya tak sebanyak orang dewasa.
Foto:

Apabila demam muncul 48 jam setelah menjalani vaksinasi, Hindra mengatakan, anak harus segera menjalani isolasi mandiri dan tes Covid-19. Jika kondisi tidak membaik, sebaiknya menghubungi nomor kontak petugas kesehatan yang tertera di kartu vaksinasi atau fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

photo
Cara mengatasi efek samping vaksinasi Covid-19. - (Republika)

Warga yang mengalami KIPI serius bisa mendapat perawatan medis di fasilitas kesehatan dengan biaya dari pemerintah. Vaksinasi Covid-19 pada anak usia enam sampai 11 tahun dilaksanakan mulai 14 Desember 2021.

Hingga 23 Januari 2022, sebanyak 13,7 juta anak (51,9 persen) sekitar 26,4 juta anak yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 sudah mendapat vaksinasi dosis pertama dan 1,6 juta anak (6,3 persen) dari sasaran sudah mendapat suntikan dua dosis vaksin. Hindra mengatakan bahwa anak termasuk kelompok yang sangat rentan terinfeksi virus sehingga membutuhkan vaksinasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan Covid-19.

"Anak harus divaksinasi agar kekebalan tubuhnya terbentuk, karena proporsi kasus Covid-19 pada anak terus meningkat. Anak juga bisa terkena long Covid-19, jadi harus kita lindungi agar mereka tetap sehat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement