Sabtu 22 Jan 2022 07:05 WIB

Anak Masuk Sekolah di Tengah Penyebaran Omicron, Kenali 5 Gejala Infeksinya

Dengan mengenali gejala omicron, anak bisa dites Covid-19 lebih cepat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Siswa Sekolah Dasar 15 Pagi Mangga Besar mengikuti kegiatan belajar mengajar tatap muka di Jakarta, Rabu (19/1/2022). Waspadai gejala infeksi virus corona tipe baru (SARS-CoV-2) varian omicron pada anak.
Foto:

Sejauh ini, infeksi omicron tampak sebagai varian yang cenderung lebih ringan dibandingkan varian delta. Gejala yang ditimbulkan serangan varian omicron umumnya mirip seperti pilek biasa, akan tetapi gejala batuk tidak begitu sering dialami orang dewasa.

"Waktu rawat inap rata-rata pasien di rumah sakit sangat singkat dan hampir tidak ada yang membutuhkan oksigen atau bantuan lain," ujar Prof Russel Viner dari Great Ormond Street.

photo
Covid 19 omicron serang anak-anak di AS - (Republika)

Bahkan, menurut Prof Viner, sekitar setengah pasien yang terkena Covid-19 di rumah sakitnya tidak membutuhkan pengobatan. Mereka hanya diopname untuk diobservasi.

"Beberapa dari mereka mendapatkan antibiotik, tapi hanya karena itulah cara kami merawat anak dengan demam, khususnya bayi, yang mana harus dilakukan dengan hati-hati dan untuk melindungi mereka," ungkap Prof Viner.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement