Rabu 19 Jan 2022 19:13 WIB

Bahan Makanan Ini Paling Buruk untuk Sistem Imun, Apalagi Saat Kena Covid-19

Ada satu bahan makanan yang berdampak buruk bagi sistem imun.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Gula (ilustrasi). Konsumsi gula secara berlebihan dapat melemahkan imunitas.
Foto: Wikimedia
Gula (ilustrasi). Konsumsi gula secara berlebihan dapat melemahkan imunitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli imunologi mengungkapkan, ada satu bahan makanan yang memiliki dampak buruk bagi sistem imun. Ironisnya, bahan makanan ini sangat populer dan sering digunakan banyak orang, yakni gula.

"Tak ada bahan lain yang lebih merusak sistem imun Anda dibandingkan gula, khususnya saat (terkena) Covid-19," ujar ahli imunologi Dr Heather Monday, seperti dilansir NBC Chicago, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga

Dr Monday mengatakan, asupan gula berlebih merupakan salah satu kontributor terbesar dalam terjadinya kadar gula darah yang tinggi. Ketika seseorang mengalami kadar gula darah yang tinggi, sebuah lingkaran setan yang mengacaukan sistem imun akan dimulai.

Kadar gula darah yang tinggi akan memicu terjadinya resistensi insulin dan obesitas. Kedua kondisi ini bisa mendorong terjadinya sitokin inflamasi dan kerusakan pembuluh darah.

 

Tubuh akan mengaktifkan sistem imun untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi tersebut. Di saat sistem imun "terdistraksi" inilah, pintu masuk bagi bakteri dan virus terbuka lebar.

"Ini membuka jalan bagi bakteri dan virus berbahaya untuk masuk melewati pertahanan tubuh kita," jelas Dr Monday.

Tak heran bila diabetes menjadi salah satu komorbid yang bisa mempersulit penyembuhan pasien Covid-19. Terlebih, SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19, juga membuat kontrol kadar gula darah menjadi buruk dalam jangka pendek.

"Kondisi ini berpotensi membuat pasien Covid-19 dengan diabetes berisiko untuk memiliki kadar gula darah yang membahayakan diri mereka," kata Dr Monday.

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa diri mereka "aman" karena tidak menyukai makanan manis. Padahal, kandungan gula tak hanya bisa didapatkan dari makanan-makanan manis seperti donat, permen, kue, atau kukis saja.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement