Rabu 19 Jan 2022 01:12 WIB

Omicron Menyebar, Bagaimana Cara Agar Ibu Hamil tidak Tertular?

Ibu hamil merupakan kelompok yang berisiko tinggi tertular Covid-19.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksinasi Covid-19. Ibu hamil perlu mendapatkan vaksin Covid-19, kecuali ada kondisi kesehatan yang menghalangi.
Foto:

Selain itu, segera temui dokter jika salah satu dari gejala berikut ini terjadi pada ibu hamil:

1. Suhu tubuh naik turun

2. Tidak merasakan gerakan bayi sama sekali

3. Saturasi rendah

4. Pendarahan

5. Tekanan darah tinggi

Sejumlah ahli mengatakan, perempuan memiliki kekebalan tubuh rendah saat hamil. Namun, kebanyakan tetap dapat pulih dengan baik. Jika ada gejala seperti di atas, mereka harus segera melapor ke dokter kandungan.

photo
Ibu hamil di masa pandemi. - (Republika.co.id)

Ketika terinfeksi omicron, kebanyakan orang sembuh dalam empat hingga lima hari. Meski demikian, tetaplah isolasi diri dan terus awasi gejala setidaknya selama sepekan.

Ashwini Bhalerao Gandhi selaku konsultan ginekologi di PD Hinduja Hospital & MRC di India juga berbagi beberapa tips untuk calon ibu. Ia merekomendasikan penggunaan masker N95, sering mencuci tangan, dan menggunakan hand sanitizer.

Ibu hamil juga harus menghindari berkunjung ke tempat-tempat ramai seperti pasar, mal, hingga bioskop. Mereka perlu mengonsumsi suplemen seperti vitamin c, vitamin D. Selain itu, perhatikan kebersihan pribadi, istirahat yang cukup, makanan bergizi, dan air minum yang bersih.

Jika ibu hamil memiliki gejala seperti sakit tenggorokan, pilek, bersin, sakit kepala, demam, dan lainnya, mereka harus berkonsultasi dengan dokter sedini mungkin. Siapkan diri untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement