Rabu 12 Jan 2022 15:23 WIB

Digadang Berkhasiat, Suplemen Herbal Populer Malah Berpotensi Merusak Hati

Meski terbuat dari tumbuhan, suplemen herbal tak selalu aman untuk dikonsumsi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Bubuk teh hijau (ilustrasi). Katekin yang terdapat di dalam suplemen atau ekstrak teh hijau bisa membahayakan karena kadarnya yang sangat tinggi.
Foto:

Oleh karena itu, masyarakat diharapkan berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen atau obat herbal. Tim peneliti juga menilai perlu adanya regulasi yang lebih kuat mengenai suplemen herbal. Kushner juga mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan suplemen herbal yang memiliki daftar bahan herbal yang panjang.

"Penting untuk mengetahui bahwa banyak jenis herbal yang bisa menyebabkan cedera hati dengan cara yang tak dapat diprediksi, sebagai contoh, suplemen herbal penurun berat badan telah menyebabkan cedera hati pada banyak orang," ujar Kushner.

Hati merupakan organ yang berperan dalam memecah obat di dalam tubuh. Hati juga bekerja untuk memproduksi asam empedu yang membuang limbah atau zat sisa keluar tubuh.

Suplemen bisa merusak organ hati dengan cara membentuk metabolit beracun. Metabolit ini bisa merusak sel-sel hati dan membuat hati tak dapat berfungsi optimal.

"Herbal bisa menjadi sumber racun yang sangat kuat, dan faktanya, banyak obat yang berasal dari tanaman itu beracun," kata tim peneliti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement