Selasa 11 Jan 2022 20:00 WIB

Kanker Sering Telat Terdeteksi, Kenali 10 Gejala Awalnya

Keterlambatan deteksi menjadi penyebab buruknya kelangsungan hidup pengidap kanker.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Deteksi dini kanker (ilustrasi). Kenali gejala-gejala umum kanker agar tidak telat memeriksakan diri dan mendapatkan diagnosis.
Foto:

Data NHS terbaru menunjukkan, 53 persen kanker pankreas didiagnosis di Unit Gawat Darurat, sedangkan untuk tumor otak 52,7 persen, kanker hati 44,9 persen, paru-paru 35,3 persen, perut 30,2 persen, dan esofagus 20,5 persen. Lebih dari 90 ribu orang Inggris didiagnosis dengan enam kanker ini setiap tahun, dengan sekitar 67 ribu meninggal.

"Angka-angka yang mengkhawatirkan ini menyoroti bahwa deteksi dini tetap menjadi tantangan penting untuk kanker yang menyebabkan pengidapnya kurang dapat bertahan hidup, termasuk tumor otak," kata dr David Jenkinson, CEO The Brain Tumor Charity.

photo
Infografis Hal Pemicu Kanker - (republika.co.id)

Inggris menjadi salah satu negara di Eropa Barat yang kelangsungan hidup pasien kankernya sangat buruk. Para ahli menilai, keterlambatan dalam diagnosis dan kurangnya skrining cepat menjadi penyebab buruknya kelangsungan hidup pasien kanker di Inggris.

Sementara terkait gejala, NHS mencatat 10 tanda yang lebih umum dialami pasien kanker. Meski belum pasti gejala itu mengarah pada kanker, namun para ahli menilai tak ada salahnya untuk waspada. Gejala-gejala yang dimaksud adalah:

1. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

2. Pembengkakan atau benjolan yang tidak biasa, seperti di leher, ketiak, perut, selangkangan, dada, payudara, atau testis.

3. Batuk yang terus-menerus dan tidak hilang setelah tiga atau empat pekan.

4. Perubahan tahi lalat.

5. Terdapat darah pada feses atau air kencing, atau perubahan kebiasaan buang air besar.

6. Sering ingin kencing yang tak tertahankan di tengah malam.

7. Rasa sakit yang tidak dapat dijelaskan atau rasa sakit yang berlangsung lebih dari empat pekan.

8. Sakit maag yang tak kunjung hilang.

9. Sulit menelan.

10. Keringat malam yang banyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement