Senin 10 Jan 2022 21:38 WIB

6 Makanan Kaya Vitamin A Baik Dikonsumsi Setiap Hari

Vitamin A memiliki peran penting untuk kesehatan mata.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Vitamin A memiliki peran penting untuk kesehatan mata.
Foto:

4. Paprika merah

Kandungan nutrisi paprika manis bervariasi berdasarkan warnanya. Paprika merah dan oranye sangat bergizi karena kandungan antioksidannya. Paprika merah adalah salah satu makanan yang paling tinggi vitamin C. Misalnya, satu cangkir paprika merah menyediakan 190 mg (212 persen RDI) vitamin C. Sedangkan sebagai perbandingan, secangkir irisan jeruk memiliki 96 mg. Selain itu, satu paprika merah sedang menyediakan hampir 2 mg vitamin E (14 persen DV) dan 198 mcg (22 DV) vitamin E. 

 

5. Labu 

Berbagai macam labu kaya akan vitamin A. Warna oranye cerah dari buah yang manis dan berdaging ini dikarenakan beta-karoten, antioksidan yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Satu cangkir labu kalengan memiliki lebih dari dua kali nilai vitamin A harian, dan secangkir labu butternut yang dimasak memiliki 127 persen dari nilai harian, menyediakan 1.144 mcg.

 

6. Brokoli

Brokoli kaya akan kandungan bermanfaat bagi kesehatan. Dari mulai serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A hingga biotin, sayuran ini boleh dibilang merupakan makanan super yang bisa menjadi penangkal penyakit. Brokoli juga relatif tinggi vitamin A, dengan 120 mcg per cangkir. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement