Selasa 11 Jan 2022 07:00 WIB

Gejala Kanker Bisa Terasa di Bawah Tulang Rusuk

Gejala kanker hati bisa terasa di bawah tulang rusuk.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit di tulang rusuk (ilustrasi). Nyeri di bawah tulang rusuk dapat menjadi gejala kanker hati.
Foto:

Perlu diketahui, kesepuluh gejala ini patut diwaspadai sebagai gejala kanker hati. Akan tetapi, orang yang memiliki satu atau beberapa dari gejala-gejala ini belum pasti mengalami kanker hati.
 
Di samping kesepuluh gejala tersebut, American Cancer Society mengatakan ada beberapa gejala lain yang juga bisa muncul pada kanker hati. Gejala tersebut adalah demam, pembesaran pembuluh di perut yang bisa terlihat di kulit, dan memar atau perdarahan tak normal.

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi risiko seseorang untuk terkena kanker hati. Sebagian faktor risiko tersebut adalah berusia di atas 60 tahun dan jenis kelamin laki-laki. Risiko semakin besar pada kelompok usia di atas 85 tahun.

 
Faktor risiko lainnya adalah memiliki maslaah medis seperti hepatitis, batu empedu, dan sirosis hati. Riwayat penyakit diabetes, parasit pada hati, dan HIV juga turut menibgkatkan risiko kanker hati.

Faktor lain yang bisa meningkatkan risiko kanker hati adalah riwayat keluarga, di mana orang tua atau saudara pernah mengalami kanker hati. Penyintas kanker juga memiliki risiko lebih tinggi bila sel kanker mereka menyebar ke hati dan memicu kanker hati sekunder.

Untuk meminimalisasi risiko kanker hati, ada beberapa upaya yang bisa membantu. Sebagian di antaranya adalah menjaga berat badan yang sehat, menurunkan berat badan bila kegemukan atau obesitas, serta menggunakan masker dan baju pelindung bila bekerja di lingkungan yang membuat tubuh terpapar zat kimia berbahaya. 

Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah menghindari rokok dan alkohol. Bila memiliki kekhawatiran seputar risiko atau gejala yang dirasakan, coba berkonsultasi dengan dokter.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement