Rabu 29 Dec 2021 01:16 WIB

Lima Tanda pada Mata yang Tunjukkan Gangguan Kesehatan

Tanda di mata bisa jadi gejala kolesterol tinggi atau hipertensi.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Qommarria Rostanti
Lima tanda panda mata yang harus diwaspadai (ilustrasi).
Foto: Pxfuel
Lima tanda panda mata yang harus diwaspadai (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penglihatan yang kabur, kadang-kadang sering dikaitkan dengan kondisi mata yang lelah lantaran kurang tidur atau terlalu lama memandang layar gadget Anda. Pasien diabetes pun sering dikaitkan dengan penglihatan yang kabur lantaran kadar gula yang tinggi. Namun, bisa juga penglihatan kabur merupakan gejala katarak atau degenerasi makula.

Tanda-tanda di sekitar mata lain yang harus diwaspadai adalah lingkaran putih yang berkembang di sekitar mata Anda. Bisa jadi merupakan gejala kadar kolesterol tinggi.

Anda juga harus waspada bila sekitar mata sering membengkak atau memerah saat bangun tidur. Jika itu terjadi sangat teratur, tanda ini bisa mengisyaratkan infeksi.

"Namun, jika kejadiannya jarang terjadi, bisa jadi karena kelelahan dan kurang tidur. Kurang tidur juga dapat memicu iritasi yang mungkin membuat Anda ingin menggosok mata dengan keras," seperti dikutip dari laman Times Now News, Selasa (28/12).

Selain itu, hal yang perlu diwaspadai adalah adanya bintik-bintik putih di dekat kornea. Biasanya ini terjadi pada orang yang memakai kacamata serta mereka yang suka dengan lensa kontak.

Bahayanya, bila terlalu sering atau lupa melepasnya saat tidur dari waktu ke waktu dapat menyebabkan pembentukan bintik-bintik putih di dekat kornea. Konsultasikan segera ke dokter bila Anda menemukan tanda ini, karena dapat memicu infeksi.

Hal lain yang harus diwaspadai adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sebab, selain dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke, hipertensi juga bisa merusak retina mata. Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah retina yang mengakibatkan retinopati hipertensi. Ini tidak menonjol saat melihat mata Anda di cermin. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan rutin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement