Kamis 23 Dec 2021 21:30 WIB

Perlindungan AstraZeneca Cepat Hilang pada Kasus Covid-19 Parah

Perlindungan AstraZeneca cepat hilang hingga tingga bulan setelah dosis kedua.

Perlindungan AstraZeneca cepat hilang hingga tingga bulan setelah dosis kedua (Foto: vaksin AstraZeneca)
Foto:

Penny Ward, seorang profesor tamu kedokteran farmasi di King's College London, turut menanggapi hasil studi. Dia tidak ikut melakukan riset serta tidak berafiliasi dengan para peneliti yang menggagas studi itu.

Menurut Ward, temuan di Lancet menunjukkan pentingnya pemberian vaksin booster saat ini. Tambahan dosis itu berguna mempertahankan perlindungan terhadap penyakit dengan tingkat keparahan apapun akibat Covid-19.

"Data menegaskan kembali, seperti yang sudah kita ketahui, bahwa suntikan vaksin booster diperlukan untuk memberikan tingkat perlindungan berkelanjutan yang lebih tinggi," ujar Ward, dikutip dari laman Fortune, Kamis (23/12).

Di Inggris, vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna digunakan sebagai booster setelah adanya penelitian lain yang menunjukkan kegunaannya. Menurut studi, dua vaksin itu memberikan kekebalan yang lebih baik bagi mereka yang awalnya divaksinasi dengan AstraZeneca, dibandingkan dengan mendapat dosis ketiga AstraZeneca.

Inggris menggencarkan pemberian vaksin booster untuk memerangi varian Omicron yang dikhawatirkan membanjiri sistem kesehatan. Pekan ini, dosis vaksin tambahan diberikan kepada 900 ribu orang per hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement