Senin 13 Dec 2021 02:59 WIB

Empat Langkah Ampuh Turunkan Kolesterol Ala Ahli Gizi

Menambahkan stroberi ke pola makan sehari-hari bisa menurunkan kolesterol.

Rep: Adysha Citra R/ Red: Friska Yolandha
Pemeriksaan kesehatan warga lanjut usia di Posyandu Lansia Kalurahan Karangwaru, Yogyakarta, Senin (6/12). Kadar kolesterol yang tinggi berkaitan erat dengan beragam masalah kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, hingga penyakit jantung.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Pemeriksaan kesehatan warga lanjut usia di Posyandu Lansia Kalurahan Karangwaru, Yogyakarta, Senin (6/12). Kadar kolesterol yang tinggi berkaitan erat dengan beragam masalah kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, hingga penyakit jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kadar kolesterol yang tinggi berkaitan erat dengan beragam masalah kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, hingga penyakit jantung. Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol darah adalah melalui perbaikan pola makan.

Ahli gizi merekomendasikan empat makanan dan minuman yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Berikut ini adalah keempat rekomendasi tersebut, seperti dilansir EatThis.

Baca Juga

Menambah Stroberi dalam Pola Makan

Bila sedang berupaya menurunkan kadar kolesterol, coba tambahkan stroberi ke dalam pola makan sehari-hari. Stroberi bisa dikonsumsi langsung sebagai cemilan atau dijadikan pelengkap dalam sajian yoghurt dan salad.

 

"Antioksidan, serat, dan fitokimia dalam stroberi telah diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol total," jelas ahli gizi Lauren Manaker MS RDN.

Manaker mengatakan konsumsi stroberi juga dapat berkaitan dengan kesehatan jantung. Menurut Manaker, konsumsi minimal 1,5 cangkir stroberi per pekan berkaitan dengan penurunan risiko serangan jantung 34 persen.

Mengganti Minuman Bergula dengan Sari Jeruk Murni

Sari jeruk murni 100 persen dapat menjadi alternatif yang lebih sehat dibandingkan minuman manis bergula. Manaker mengatakan konsumsi sari jeruk murni pada orang dewasa berkaitan dengan penurunan kolesterol total dan kolesterol LDL yang signifikan. Selain itu, laki-laki yang mengonsumsi sari jeruk murni memiliki risiko 23 persen lebih rendah untuk memiliki kadar kolesterol HDL yang rendah.

Memperhatikan Opsi Sereal

Ahli gizi dan pendiri program Interval Weight Loss Dr Nick Fuller RD merekomendasikan agar orang-orang yang terbiasa mengonsumsi sereal bergula sebagai sarapan menggantinya dengan opsi yang lebih sehat. Salah satu yang direkomendasikan adalah oatmeal.

"Oat kaya akan beta glukan, sebuah tipe serat larut spesifik, yang bekerja seperti spons di dalam usus untuk membersihkan kolesterol dan mencegahnya supaya tidak menempel di arteri kita," ungkap Fuller.

Ada beberapa jenis oat yang disarankan oleh Fuller. Jenis oat tersebut antara lain rolled oat, steel cut oat, atau oat bran. Jenis-jenis oat ini baik akrena mengandung beta glukan yang lebih tinggi.

Mengemil Kenari

Memilih cemilan yang sehat juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Salah satu cemilan yang dapat memberikan manfaat baik bagi kadar kolesterol adalah kenari.

Orang yang mengonsumsi setengah cangkir kenari setiap hari selama dua tahun memiliki kadar kolesterol LDL yang lebih rendah. Rata-rata, mereka memiliki kadar kolesterol LDL lebih rendah 4,3 mg/dL. Temuan ini diungkapkan dalam studi terbaru dalam jurnal Circulation.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement