Ahad 12 Dec 2021 04:01 WIB

Bukan Cuaca, Ada Lima Alasan Kesehatan Kaki Terasa Dingin

Kondisi kesehatan tertentu dapat membuat kaki terasa dingin tanpa pandang cuaca.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Kaki mendingin (Ilustrasi). Ada beberapa alasan kesehatan yang dapat membuat kaki terasa dingin.
Foto: Needpix
Kaki mendingin (Ilustrasi). Ada beberapa alasan kesehatan yang dapat membuat kaki terasa dingin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cuaca dingin bukan satu-satunya alasan yang membuat kondisi kaki terasa dingin atau bahkan mati rasa. Ada serangkaian faktor kesehatan yang dapat menjadi penyebab jari-jari kaki yang dingin.

Kaki yang mendingin adalah masalah umum, tetapi waspada jika itu terkait adanya masalah medis. Berikut beberapa kemungkinan penyebab kaki dingin, seperti dilansir The Sun, Sabtu (11/12).

Baca Juga

Hipotiroidisme

Hipotiroidisme berarti seseorang memiliki tiroid yang kurang aktif dan tidak menghasilkan cukup hormon. Hormon-hormon ini memengaruhi banyak organ dan membantu mengubah makanan menjadi energi.

 

Jika merasa kedinginan di banyak bagian tubuh, termasuk kaki,  mungkin saja penyebabnya hipotiroidisme. Anda harus segera menemui dokter atas dugaan ini.

Raynaud

Penyakit Raynaud berarti tubuh bereaksi berlebihan terhadap dingin. Saat suhu turun, Anda mungkin mendapati tangan dan kaki Anda mati rasa atau sedingin es.

Ekstremitas juga bisa berubah warna. Jika tangan dan kaki menjadi pucat atau biru dan kemudian menjadi merah dan mulai terasa perih saat memanas, Anda mungkin terkena penyakit Raynaud.

Raynaud dapat disebabkan oleh dingin, yakni ketika arteri Anda menyempit karena dingin. Stres juga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Buat janji dengan dokter jika khawatir akan kondisi ini untuk mendapat perawatan tepat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement