Sabtu 11 Dec 2021 19:51 WIB

Pentingnya Periksa Tinja untuk Deteksi Dini Kanker Usus Besar

Kanker usus besar lebih mudah ditangani ketika ditemukan semakin cepat.

Kanker (ilustrasi). Berbagai jenis kanker termasuk usus besar lebih mudah ditangani ketika ditemukan semakin cepat.
Foto:

 

Makan berserat lain seperti agar-agar atau puding juga dapat menjadi pilihan santapan sehari-hari. Tempe yang mengandung probiotik juga disarankan demi kesehatan usus.

Khusus untuk minuman yang mengandung probiotik, dia mengingatkan untuk melihat kandungan gula di dalamnya. Bila kandungan gulanya tinggi, tidak disarankan untuk mengonsumsi terlalu banyak.

Kanker usus besar, kata Aru, dulu tidak masuk hitungan di Indonesia namun saat ini sudah menempati posisi keempat di Tanah Air, mengikuti kanker payudara, serviks dan paru.

Penyakit ini membutuhkan pembedahan sebagai terapi utama yang bisa mengatasi kanker secara tuntas. Aru memaparkan, 60 persen masalah kanker bisa diselesaikan dengan pembedahan.

Semakin tinggi stadium, penanganannya akan lebih sulit. Ini juga berhubungan dengan angka harapan hidup. Dia mengatakan, pengobatan yang sama ketika diberikan kepada pasien yang berbeda dapat menghasilkan respons yang bervariasi.

"Saat ini muncul pendekatan baru yang disebut sebagai personalized medicine atau pengobatan secara individual. Pengobatan secara individual ini salah satunya dilakukan dengan melakukan pemeriksaan marker kanker. Pengobatan individual umumnya akan memberikan hasil yang lebih baik pada pasien," kata dia.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement