Kamis 09 Dec 2021 20:09 WIB

Standar Kecantikan Menurut Ayana Moon

Ayana menyarankan untuk menciptakan standar kecantikan Anda sendiri.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Standar kecantikan menurut Ayana Moon (ilustrasi).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Standar kecantikan menurut Ayana Moon (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak wanita yang ingin tampil cantik. Beragam cara dilakukan untuk itu. Apa sebenarnya standar kecantikan itu?

Selebritas internet dan model berkebangsaan Korea Selatan, Ayana Moon, punya definisi standar kecintakan sendiri. Menurut dia, standar kecantikan itu berbeda-beda, baik di Indonesia maupun Korea.

Baca Juga

Dia mengatakan, kecantikan itu tidak malas mencari ilmu dan menjaga akhlak yang baik. Seperti yang dilakukannya saat ini sedang belajar tentang Islam di salah satu Universitas di Malaysia.

Menurut Ayana, cantik itu relatif dan dia menyarankan untuk menciptakan standar kecantikan Anda sendiri. "Cantik itu berbeda, saya tidak terlalu pikir tentang kecantikan. Kita semua cantik, semua diciptakan oleh Allah SWT," ujarnya di sela acara webinar Sholehah Story Festival dengan topik "Sholehah Beauty", Kamis (2/9).

Ayana sering mendengar cantik itu harus berwajah putih dan bertubuh langsing. Tak heran banyak orang menggunakan berbagai produk kecantikan termasuk makeup.

Dia mengatakan, banyak juga orang berpikir pakai makeup itu buruk dan banyak orang yang ingin menjadi putih. Menurutnya sebaiknya hal itu tidak dilakukan, sebab jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu hanya untuk memikirkan makeup, hal itu akan menjadi masalah.

"Menurut saya, merawat penampilan juga bagian dari cara merawat diri. Kita juga bisa lebih percaya diri dengan memakai makeup, kenapa tidak? Itu tidak salah, tidak merugikan orang lain. Itu juga bisa menjadi cara yang bagus untuk merawat diri juga baik untuk mental kita. Selama tidak menggangu orang lain, menurut saya kita boleh kok," jelasnya.

Ayana juga terkadang bingung banyak orang mengkritik wanita lain berkaitan dengan cara merawat dirinya. Hal itu menurutnya tidak baik dilakukan. Jika memakai makeup membuat diri Anda senang, tidak masalah dilakukan.

Menurut Ayana, menjaga kulit seorang perempuan, itu tergantung pribadi masing-masing. Namun, untuk Ayana, yang berprofesi sebagai model, merawat diri dengan skin care itu hal wajib.

Menurutnya, memakai skin care yang bagus lebih baik dibandingkan kosmetik yang bagus. Ini karena seorang Muslimah harus berwudhu, meskipun sudah menggunakan kosmetik halal, untuk berwudhu sebaiknya tidak pakai makeup.

"Jadi menurut saya skin care itu bagus, kalau kita punya kulit yang bagus, kita tidak perlu memakai makeup tebal, sehingga ketika hendak berwudhu, mudah dilakukan," ujarnya.

Ayana juga merawat dirinya dengan berolahraga. Dia melakukan olahraga salah satunya pemanasan. Ayana juga selalu menjaga wudhu.

Tips merawat diri dari dalam dan luar diri menurut Ayana:

1. Yang paling penting dan benar adalah tetap halal. Kita semua harus berpegang teguh pada hukum dasar Islam dan kewajiban sebagai Muslimah. Misalnya mengonsumsi makanan halal dan menggunakan kosmetik halal.

2. Selain penampilan, harus jaga inner beauty. Jangan malas mencari ilmu. Salah satu peran penting wanita dalam mendidik anak-anak mereka. Menurut Ayana, semua wanita akan menjadi ibu termasuk dirinya.

Ketika Ayana memiliki anak, ia akan mengajari anak-anaknya. Menjadi seorang ibu menurutnya harus pintar, jika kita cantik, tubuh bagus, namun tidak memiliki cukup ilmu untuk diajarkan ke anak atau tidak bisa menyampaikan perasaan dengan benar, wajah cantik tidak berguna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement