Rabu 08 Dec 2021 23:58 WIB

Ini Tips Mengatasi Kulit Wajah Penuh Noda dan Jerawat

Setelah jerawat mereda, pahami cara agar jerawat tidak muncul kembali.

Jerawat/Ilustrasi
Foto: corbis.com
Jerawat/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Kulit wajah yang penuh noda serta jerawat yang terus datang dan pergi tentu sangatlah dihindari. Tak jarang ini juga membuat seseorang menjadi menggebu untuk membeli berbagai produk skincare yang mudah didapatkan di e-commerce favorit. Terlebih, kini skincare dengan harga yang murah makin banyak berseliweran dengan iming-iming wajah berseri dan bebas jerawat dengan waktu yang relatif singkat.

Sayangnya banyak oknum tidak bertanggungjawab yang memasarkan produk-produk skincare dengan bahan yang diragukan keamanannya, sehingga bukannya kulit bebas jerawat yang didapat, namun justru kulit rusak yang perlu penanganan lebih mahal untuk memperbaikinya. 

Baca Juga

Hal ini membuat kita semakin yakin bahwa merawat kulit wajah yang rentan berjerawat tak hanya membutuhkan kesabaran lebih untuk tidak memecahkan benjolan apapun yang muncul di wajah, tetapi juga membutuhkan kehati-hatian dalam memilih produk skincare yang tepat untuk membantu mengatasi penyebab jerawat, noda gelap, serta kondisi kulit lain yang ditimbulkan oleh jerawat membandel.

Mengingat pentingnya memilih skincare yang aman, salah satu jenama skincare lokal, Aish Skincare memberi edukasi dan tips merawat kulit berjerawat kepada masyarakat.

"Pertama, pahami langkah perawatan yang cocok untuk kulit berjerawat. Seperti yang kita tahu, bahwa kulit berjerawat timbul karena berbagai macam penyebab. Bisa terjadi karena kondisi hormonal, kesalahan memilih produk skincare, atau karena tidak maksimalnya proses pembersihan kulit wajah. Karenanya, disarankan untuk melakukan double cleansing," CEO Aish Skincare Mega Putra, Rabu (8/12).

“Seseorang dengan kulit berjerawat sebaiknya melakukan double cleansing, yaitu cara membersihkan kulit dengan dua metode. Pembersih pertama bisa dilakukan dengan oil cleanser atau micellar water dan dilanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan facial wash,” ujar dia menambahkan.

Lain halnya bagi para pemilik kulit wajah berjerawat sekaligus memiliki jenis kulit yang sensitif, menurut dia, khusus untuk mereka, pemilihan sabun wajah berbahan alami dan lembut adalah sebuah kewajiban jika tidak ingin terjadi iritasi. 

“Bagi pemilik kulit berjerawat, rata-rata mereka juga akan memiliki kulit yang sensitif, sehingga disarankan untuk memakai sabun wajah berbahan alami yang gentle untuk kulit seperti Aish Hydramild Facial Wash.”

Selain sabun wajah, produk skincare lain pun juga harus diperhatikan agar jerawat tak tumbuh semakin parah di wajah. 

“Step selanjutnya yang bisa dilakukan oleh pemilik acne-prone skin, yaitu dengan memilih skincare non-comedogenic atau skincare yang tidak akan menyebabkan komedo di kulit. Serum yang mampu mengatasi jerawat sebaiknya digunakan dua kali sehari di pagi dan malan hari untuk hasil yang maksimal," kata dia.

Selanjutnya, yang tak kalah penting adalah penggunaan sunscreen, terlebih karena kita hidup di negara yang hampir setiap hari terpapar oleh sinar matahari. 

Sunscreen atau tabir surya juga wajib digunakan setiap pagi guna melindungi sel-sel kulit dari sinar UVA dan UVB. Pilih produk yang mampu menjadi tabir surya, pelembab, penutrisi kulit sekaligus primer make-up hanya dalam satu produk tanpa harus menggunakan berlayer-layer krim yang bisa memicu terbentuknya sebum/minyak berlebih di kulit," kata dia. 

Selanjutnya, pahami kandungan skincare yang cocok untuk kulit berjerawat Dewasa ini ada berbagai macam kandungan skincare di pasaran, sehingga cukup membingungkan banyak orang yang memiliki kondisi kulit khusus, seperti kulit berjerawat. Lalu kandungan apa saja yang cocok untuk kulit jenis ini? 

“Lidah buaya atau aloe vera sudah melewati banyak penelitian akan kemampuannya untuk meredakan jerawat yang memerah atau meradang. Di masa sekarang, menemukan lidah buaya di pekarangan rumah bukan lagi hal yang susah. Selain itu, kini banyak skincare yang mengemas ekstrak lidah buaya di dalam produk mereka untuk menjadikan konsumen lebih mudah dalam mengatasi permasalahan jerawatnya.”

Tak hanya lidah buaya, klinik kecantikan yang terletak di Jl. Ade Irma suryani No. 49, Monjok, Kec. Selaparang, Kota Mataram ini pun merekomendasikan bahan lainnya. Siapa sangka bahan lain yang mereka maksud adalah ekstrak buah manggis yang dikenal memiliki ribuan manfaat. 

“Selain lidah buaya, ekstrak buah Manggis yang dipercaya mampu mengobati 1.001 permasalahan tubuh dan kulit rupanya juga bisa mengatasi permasalahan jerawat. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi dan antibakteri dalam buah manggis mampu mengatasi bakteri penyebab jerawat dengan mudah. Oleh sebab itu, Aish menjadikan mangosteen extract sebagai bahan utama dalam Aish Acne Serum yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan jerawat pada kulit," ujar dia.

Selanjutnya, pahami cara jitu menghilangkan bekas jerawat. Menurut beberapa dermatologist, bekas jerawat kebanyakan permanen. Kalaupun bisa hilang tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Di samping itu, dalam membersihkan bekas jerawat, seseorang setidaknya harus memperhatikan apakah produk yang digunakan aman atau tidak. 

“Salah satu kandungan alami yang aman untuk digunakan kulit dalam memperbaiki tekstur, bekas jerawat hingga flek adalah mulberry. Buah ini termasuk dalam berry-berry-an yang biasa dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai arbei putih. Kandungan di dalamnya mampu  memudarkan bekas jerawat, mencerahkan dark-spot di kulit hingga meratakan warna kulit. Untuk itu, pilihlah serum yang menjadikan mulberry extract sebagai kandungan utamanya," kata dia.

Setelah jerawat mereda, pahami cara agar jerawat tidak muncul kembali. 

“Sejauh ini kita dapat melakukan pencegahan terhadap jerawat dengan cara memperkuat skin-barrier kulit. Layaknya sebuah benteng yang memiliki tembok di sekelilingnya, begitu juga dengan kulit kita. Ketika tembok tersebut pecah atau bolong di sana sini ataupun ringkih, maka akan mudah untuk ditembus lawan. Namun ketika tembok tersebut kuat, maka kemungkinan benteng untuk diserang akan semakin kecil," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement