Kamis 25 Nov 2021 06:39 WIB

Peringatan Serius Diabetes Tersembunyi di Jempol Kaki

Kaki merupakan titik komplikasi diabetes yang paling umum.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Tes gula darah (Ilustrasi). Luka di kaki yang susah sembuh bisa menjadi pertanda diabetes.
Foto:

Pengidap diabetes berada pada risiko yang lebih tinggi karena kadar gula darah tinggi dapat melemahkan pertahanan kekebalan tubuh. Jika memiliki paronychia kronis, segeralah periksakan ke dokter umum karena mungkin Anda menderita diabetes yang tidak terdeteksi.

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

Kondisi ini biasanya terjadi pada orang dengan diabetes tipe 2. Sebab, penyandang diabetes tipe 1 akan mengalami kadar gula darah tinggi sebelum terdiagnosis.

Diabetes tipe 2 sering kali sulit terdeteksi karena gejalanya kerap berkaitan dengan gaya hidup. Kelelahan, misalnya, adalah salah satu gejala yang mungkin diabaikan oleh penderita diabetes lantaran disangka sebagai efek kehidupan sosial yang aktif atau jadwal kerja yang padat.

Baca juga : Dokter Sarankan Vaksinasi Influenza Setahun Sekali

Kadar gula darah tinggi yang tidak terkontrol akibat diabetes bisa membuat jamur candida mudah tumbuh. Candida adalah jamur yang bisa penyebab kandidiasis yang biasa terjadi di mulut, organ intim, dan kuku kaki. Dalam beberapa kasus kuku ini mungkin menguning dan mengelupas.

Jamur candida dapat tumbuh subur saat kadar gula darah orang tinggi. Itulah sebabnya penting bagi pengidap diabetes untuk memantau diet mereka. Spesialis kaki Mike O'Neill menjelaskan, risiko komplikasi dapat sangat berkurang jika Anda mampu mengendalikan kadar gula darah.

"Pastikan tekanan darah dan kadar kolesterol Anda juga dipantau dan dikontrol dengan obat-obatan jika diperlukan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement