Rabu 24 Nov 2021 20:30 WIB

Papdi: Dahulukan Vaksin Covid-19 daripada Vaksin Influenza

Vaksin Covid-19 perlu didahulukan karena penting untuk membentuk imunitas kelompok.

Vaksinasi Covid-19. Vaksinasi influenza tetap bisa dilakukan selama tidak pada hari yang sama dengan vaksinasi Covid-19.
Foto:

Apabila antara suntik dosis pertama vaksin Covid-19 dengan suntikan kedua berjarak cukup lama, menurut Erwanto, vaksin influenza bisa dilakukan di tengah-tengahnya. Saat ini, vaksin influenza sebetulnya telah disuntikkan bersamaan dengan vaksin lain seperti untuk meningitis dan pneumonia bagi masyarakat yang hendak berangkat haji dan umroh.

Hal itu dilakukan karena ketiga vaksin tersebut telah dapat diidentifikasi efek sampingnya. Sebaiknya, masyarakat memang mendahulukan vaksin Covid-19 lengkap sebelum melakukan vaksinasi influenza. Jarak waktunya pun disarankan sekitar empat pekan.

"Dianjurkan untuk diberi jeda waktu empat pekan atau sebulan. Jadi kalau misalnya jarak dosis pertama dan kedua Covid-19 itu 28 hari, selesaikan dulu, baru kemudian empat minggu kemudian suntik vaksin influensa karena data vaksin Covid-19 yang masuk masih dikumpulkan," ucapnya.

Erwanto pun menganjurkan jenis vaksin Covid-19 dan influenza yang diolah dari virus mati. Vaksin ini biasanya diinjeksi melalui jarum suntik ke tubuh manusia.

"Kalau vaksin dari virus hidup, biasanya disemprot ke hidung, tapi ini tidak ada di Indonesia, karena jenis ini efektivitasnya kurang baik," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement