Jumat 19 Nov 2021 06:30 WIB

Vaksinasi Covid-19 Bareng Vaksin Dasar, Imun Jadi Kewalahan?

Banyak anak yang terlewat jadwal vaksinasi dasarnya selama pandemi Covid-19.

Rep: Adysha Citra Ramadani, Rr Laeny Sulistyawati, Mabruroh/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin kepada siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri X Jatiasih di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/11/2021). Pemberian vaksinasi Difteri Tetanus (DT) dan Tetanus Difteri (TD) kepada siswa tersebut untuk meningkatkan, penguatan, serta kekebalan imun tubuh anak terhadap penyakit.
Foto:

Akan tetapi, memberikan jarak antara vaksin Covid-19 dan vaksin rutin bukan tanpa risiko. Semakin lama jarak yang diberikan, risiko anak untuk terpapar penyakit yang bisa dilindungi oleh vaksin pun semakin lama.

"Tak ada manfaat, tak ada bukti bahwa memberikan vaksin-vaksin itu di waktu yang bersamaan akan meningkatkan kejadian merugikan. Dan ada kerugian karena Anda membiarkan anak Anda menjadi rentan," jelas dr Fisher.

photo
RI Butuh 59 Juta Dosis Vaksin Covid-19 untuk Vaksinasi Anak - (Republika)

Sebagai tambahan, dr Patel juga menekankan pentingnya memberikan perlindungan yang tepat untuk anak. Saat ini, salah satu hal yang paling dia rekomendasikan adalah memberikan vaksinasi Covid-19 lengkap untuk anak.

"Tapi pastikan juga anak mendapatkan perlindungan lengkap terhadap penyakit-penyakit lain yang bisa dicegah dengan vaksin," kata dr Patel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement