Selasa 16 Nov 2021 06:30 WIB

Asam Urat Sering Kambuh, Apa yang Harus Dilakukan?

Asam urat biasanya terjadi pada pria seiring bertambahnya usia.

Rep: Rahma Sulistya, Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Nyeri (ilustrasi). Ketika asam urat kambuh di bagian kaki, orang akan merasakan nyeri hingga sulit berjalan.
Foto:

Apa lagi yang harus dihindari jika menderita asam urat? Jika Anda menderita asam urat dan tidak ingin penyakit itu kambuh lagi di masa depan, ada beberapa hal lagi yang harus dihindari.

Ingat, gout disebabkan oleh asam urat yang dihasilkan saat makan purin. Jadi, cobalah untuk mengurangi konsumsinya. Makanan yang kaya akan purin meliputi:

- Daging merah dan jeroan

- Makanan laut, terutama ikan berminyak dan kerang

- Makanan kaya ekstrak ragi (seperti Marmite)

- Makanan dan minuman olahan

- Alkohol juga merupakan pemicu asam urat

- Bir juga sangat tinggi purin sehingga bisa menyebabkan asam urat

Tidak sedikit orang berusia lanjut yang khawatir asam uratnya kambuh saat mengonsumsi sayuran dalam kesehariannya. Padahal, tubuhnya juga tetap butuh asupan serat, termasuk yang bisa didapatkan dari mengonsumsi sayuran.

Selain sayuran hijau, kacang juga dikhawatirkan memicu kenaikan kadar asam urat dalam darah. Padahal, keduanya bukan makanan utama penyebab kambuhnya gejala asam urat.

"Kadar asam urat naik justru bukan dari kacang dan sayur," kata dokter spesialis gizi dr. Marya Haryono, MGizi, Sp.GK, FINEM.

Menurut dr. Marya, asam urat memang mudah sekali tinggi, terlebih apabila seseorang mengonsumsi banyak kolesterol, seperti jeroan dan daging merah. Bahkan, gout juga ada hubungannya dengan makanan terlalu manis.

"Yang bikin asam urat justru seperti daging dan jeroan," kata dr Marya.

Menurut Marya, lansia bisa mencari alternatif yang sesuai andaikan terlalu takut dengan sayuran hijau dan atau kacang-kacangan. Sayuran yang tidak berwarna hijau dan beralih dari kacang ke tahu atau tempe bisa dicoba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement