Jumat 21 Apr 2023 05:01 WIB

Daftar Menu Lebaran yang Berbahaya Buat Penderita Asam Urat

Kenali jenis-jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Keluarga makan bersama (ilustrasi). Kadar asam urat dalam darah bisa meningkat ketika orang terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi purin, seperti daging, jeroan, hingga emping.
Foto: Prayogi/Republika
Keluarga makan bersama (ilustrasi). Kadar asam urat dalam darah bisa meningkat ketika orang terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi purin, seperti daging, jeroan, hingga emping.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penderita asam urat perlu berhati-hati memilih menu lebaran yang akan disantapnya di rumah maupun ketika disuguhi makanan saat kunjungan silaturahim. Kadar asam urat rentan meningkat di hari raya Idul Fitri karena pola makan yang cenderung tidak terjaga.

"Di balik menu-menu yang nikmat tersebut bisa berakhir kurang nikmat, salah satunya, yaitu meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh," ungkap dokter spesialis penyakit dalam Eka Hospital Pekanbaru, Riau, Hady, dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (13/4/2023).

Baca Juga

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh Anda.

1. Gulai daging

Beberapa jenis gulai daging merah pada saat lebaran seperti daging sapi dan kambing dapat menyebabkan kadar asam urat meningkat karena kadar purin yang tinggi terkandung di dalamnya. Tidak heran jika makanan ini sering menjadi sumber penyebab utama mengapa seseorang mengalami peningkatan asam urat selama masa lebaran.

2. Jeroan

Jeroan terkadang juga kerap ditemukan dalam jajaran menu perayaan hari lebaran. Beberapa jenis jeroan seperti hati sapi, otak sapi, maupun usus ayam dipercaya dapat berkontribusi dalam peningkatan kadar asam urat dalam tubuh karena memiliki kadar purin yang sangat tinggi.

3. Minuman manis

Banyak orang sudah tahu jika minuman manis berperan dalam peningkatan kadar gula darah seseorang. Namun, tahukah Anda jika beberapa minuman manis dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh?

Ini dikarenakan beberapa minuman manis seperti minuman bersoda dan jus kotak memiliki kadar fruktosa yang tinggi. Tubuh dapat memecah fruktosa menjadi purin, yaitu zat yang dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement