Sabtu 13 Nov 2021 21:48 WIB

Kedekatan Ayah-Anak Pengaruhi Pemilihan Pasangan Hidup

Lewat ayahnya, anak bisa memetakan figur laki-laki ketika memilih pasangan hidup.

Anak perempuan diapit kedua orang tuanya (ilustrasi). Kedekatan dengan ayah dapat memengaruhi keputusan anak perempuan ketika memilih calon pasangan hidup.
Foto:

Di Hari Ayah yang diperingati 12 November, Irma berharap agar seluruh sosok ayah, terutama di Indonesia, dapat kembali melakukan evaluasi dan refleksi diri untuk dapat meningkatkan waktu berkualitas guna membangun kedekatan dengan anak-anaknya. Sebab, itu penting agar anak-anak punya perkembangan sosial emosional yang lebih baik.

Ketika menjalin kedekatan dengan anak, orang tua perlu  memperhatikan kualitas dari interaksinya. Untuk itu, ayah harus benar-benar meluangkan waktu dan fokus pada anaknya saat berinteraksi.

"Yang penting sebetulnya adalah kualitas dari interaksinya, bukan seberapa seringnya atau pun sekedar hadir secara fisiknya. Jadi ketika bersama anak memang fokus mendengarkan dan berbagai cerita, misal bertukar cerita kegiatan ayah dan anak di hari itu," ujar psikolog klinis dewasa Muthmainah Mufidah dari Universitas Indonesia.

Bagaimana jka ayah sedang sibuk? Mufidah mengatakan, sampaikan saja kepada anak apa adanya sembari menjelaskan secara sederhana apa yang sedang dikerjakan agar anak lebih memahami.

"Bisa juga disiasati dengan ayah bekerja lalu anak belajar di sampingnya," tutur Mufidah.

Selain itu, psikolog dari Universitas Indonesia A Kasandra Putranto juga mengatakan bahwa kiat untuk melakukan bonding dengan anak adalah dengan mengenali karakter anak. Dengan sering mengajaknya berdiskusi, melakukan aktivitas atau hobi bersama-sama, karakter anak akan terungkap.

"Sesekali juga berikan hadiah atau kejutan untuk anak," kata Kasandra.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement