Kamis 11 Nov 2021 17:44 WIB

Kopi Pinogu, Kopi Perjuangan dari Bone Bolango

Kopi pinogu ditanam secara organik di dataran tinggi Pinogu, Bone Bolango.

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Reiny Dwinanda
Kopi pinogu racikan chef Lucky dari Brookland Coffee dihidangkan di acara Jelajah Rasa dan Budaya Gorontalo-Bone Bolango di restoran Kaum Jakarta, Selasa (9/11).
Foto:

Head Mixologist Kaum Jakarta, Pius Hadimore Ebang, juga mencoba kreasi minuman kopi menggunakan kopi pinogu. Minuman yang diberinya nama Kopi Gorontalo itu dibuat dari kopi pinogu seduh yang dicampur dengan santan, gula merah, dan kayu manis.

"Jadi Gorontalo Bone Bolango itu kaya kuliner dengan kelapa. Saya waktu ke sana melihat banyak juga pohon kelapa. Jadilah saya terinspirasi membuat mocktail kopi dengan santan," ujarnya.

Agar berbeda, Pius menambahkan kayu manis ke seduhan santan dengan gula aren. Kayu manis khas dua kabupaten itu juga dikenal berkualitas baik.

Pius meracik minuman tersebut dengan rasio 1:1, yakni atau satu porsi kopi dengan satu porsi racikan santan. Jadilah segelas minuman kopi yang tidak strong, dengan jejak rasa gurih dari santan dan sedikit aroma kayu manis.

"Jelajah Rasa dan Budaya Gorontalo-Bone Bolango" adalah rangkaian menuju Festival Kabupaten Lestari 4 yang akan digelar di Gorontalo dan Bone Bolango pada 23-28 November 2021. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara luring dan daring dengan salah satu tujuannya mengenalkan komoditas unggulan kedua kabupaten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement