Jumat 29 Sep 2017 16:54 WIB

Kopi Organik Pinogu Disajikan di Istana

kopi
Foto: corbis
kopi

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Bupati Bone Bolango Hamim Pou memberi apresiasi dengan dipilihnya kopi organik Pinogu untuk disajikan di Istana Presiden di Bogor, 1 Oktober 2017. "Kopi khas Bone Bolango ini menjadi satu dari 7 daerah yang diundang Dalam rangka memperingati Hari Kopi International," katanya, Jumat (29/9).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Bekraf RI), bertajuk "minum kopi bareng Presiden".

Bupati menilai penyajian kopi organik pinogu merupakan apresiasi pemerintah terhadap pencapaian dan keberhasilan semua pemangku kepentingan dalam mengenalkan kopi Pinogu organik robusta dari Taman Nasional Bogani Nani Wartabone hingga ke tingkat nasional.

"Itu juga bukti dan kesungguhan kita mengkreasikan dari kopi yang tidak dikenal menjadi sangat terkenal hari ini. Menaikan pamornya dan mengemas dengan sangat baik," ujar Bupati.

Kopi Pinogu sudah keluar Sertifikasi Indikasi Geografis. Buktinya juga sudah ditetapkan sebagai kopi organik dengan kualitas "excellent grid A".

Sementara itu, Alan, salah satu warga setempat mengakui kopi pinogu memiliki mutu dan kualitas yang tidak kalah saing dengan daerah lainnya.

"Ini termasuk kopi higienis yang memiliki cita rasa tersendiri. Sehingga tinggal membutuhkan itikad baik pemerintah setempat untuk terus mempromosikan sekaligus membantu UKM-UKM mengembangkan kopi itu," tegasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement