Rabu 10 Nov 2021 21:39 WIB

Jokowi: Perkuat Kolaborasi dengan Pusat Film Dunia

Jokowi apresiasi sineas yang meraih penghargaan film internasional di tengah pandemi.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Reiny Dwinanda
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Mendikbud Ristek Nadiem Makarim (kiri) dan Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI) Reza Rahardian (kanan) menghadiri malam penganugerahan FFI 2021, di Jakarta, Rabu (10/11/2021).
Foto:

Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas karya Edwin yang telah meraih Golden Leopard di Festival Film Locarno 2021. Selain itu, ada film Yuni arahan Kamila Andini yang telah memenangkan penghargaan di Toronto International Film Festival 2021.

Selanjutnya , film pendek Laut Memanggilku karya Tumpal Tampubolon memenangkan kategori Sonje di Award Busan International Film Festival 2021. Lalu, film Dear to Me karya Monica Tedja berjaya di program Open Doors: Shorts di Festival Film Locarno.

"Saya bangga di masa pandemi, industri film Indonesia meraih banyak prestasi yang gemilang di dunia film internasional, prestasi yang mengungguli negara-negara lain di Asia Tenggara," kata Jokowi.

 
Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga menyampaikan bahwa Pemerintah telah memberikan anugerah gelar pahlawan nasional kepada H Usmar Ismail yang telah memprakarsai penyelenggaraan Festival Film Indonesia bersama Djamaludin Malik. Ia mengatakan, penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada H Usmar Ismail sebagai wujud penghargaan tertinggi untuk para pejuang kebudayaan.

"Semangat kejuangan para pahlawan, para pejuang kebudayaan dan Bapak Perfilman Indonesia harus terus kita jaga dengan menciptakan karya-karya berkualitas yang menunjukan keunggulan dan karakter jati diri kita sebagai bangsa dengan kekayaan budaya yang tidak tertandingi," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga memberikan ucapan selamat kepada para peraih Piala Citra dalam ajang Festival Film Indonesia 2021. Ia berharap, prestasi tersebut dapat menginspirasi karya yang lebih baik di masa mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement