Sabtu 06 Nov 2021 12:51 WIB

Steven Spielberg Melego Kapal Pesiarnya ke Miliarder Baja

Kapal pesiar milik Spielberg laku terjual seharga Rp 2,275 triliun

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Steven Spielberg
Foto: bestpictureblog.com
Steven Spielberg

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bloomberg pada Sabtu (6/11) mengabarkan, sutradara film sekaligus miliarder, Steven Spielberg menjual kapal pesiar superyacht miliknya, Seven Seas kepada miliarder baja. Penjualan tersebut dilakukan setelah mendaftarkan kapal pesiarnya seharga 158 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,275 triliun (kurs Rp 14.400 per dolar AS).

Menurut penyedia data Vessels Value, pemilik kapal pesiar baru tersebut Zekelman Investments. Pemilik baru kapal pesiar tersebut dikabarkan merupakan miliarder baja Kanada yakni Barry Zekelman.

Baca Juga

Meskipun begitu, broker yang terlibat dalam kesepakatan itu Edmiston menolak berkomentar atau mengkonfirmasi harga jual kapal pesiar tersebut. Zekelman dan Spielberg juga belum memberikan tanggapanya.

Kapal pesiar tersebut dibangun pada 2010 Spielberg oleh perusahaan Belanda Oceanco. Kapal pesiar sepanjang 86 meter tersebut memiliki dek kayu jati, lift, dan akomodasi untuk 20 tamu dan 28 awak.

 

Transaksi penjualan kapal pesiar tersebut mencerminkan pasar yang berkembang pesat untuk kapal-kapal mewah. Produsen kapal pesiar bergegas untuk memenuhi permintaan dari pelanggan tetap dan baru, termasuk orang terkaya kedua di dunia, Jeff Bezos dari Amazon.com Inc yang meminta Oceanco untuk membangun superyacht sepanjang 127 meter dengan perkiraan biaya lebih dari 500 juta dolar AS.

Sebelumnya, industri superyacht tidak melambat bahkan ketika adanya pembatasan dan lockdown saat pandemi Covid-19. Pendiri dan Direktur SuperYacht Times Merijn de Waard mengungkapkan, lebih dari 550 yacht baru dan bekas dengan panjang lebih dari 30 meter telah terjual sepanjang 2021 dan meningkat hampir 50 persen dari tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement