Jumat 05 Nov 2021 06:30 WIB

3 Alternatif Pola Makan untuk Normalkan Gula Darah Diabetesi

Remisi diabetes merupakan kondisi kadar gula darah terus bertahan normal.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi alat cek gula darah. Diabetesi perlu memeriksa kadar gula darahnya secara teratur dan menjalani pola makan yang tepat.
Foto: Pixabay
Ilustrasi alat cek gula darah. Diabetesi perlu memeriksa kadar gula darahnya secara teratur dan menjalani pola makan yang tepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes paling umum dan kerap berkaitan dengan gaya hidup. Meski merupakan penyakit seumur hidup, penyandang diabetes bisa melakukan beberapa upaya untuk mencapai remisi.

Apa yang dimaksud dengan remisi diabetes? Ini merupakan sebuah kondisi di mana kadar gula darah penyandang diabetes turun ke kadar yang normal dan bertahan tetap seperti itu setidaknya selama enam bulan.

Baca Juga

Penyandang diabetes tidak perlu mengonsumsi obat-obatan selama masa remisi. Diabetes UK mengungkapkan bahwa masih ada banyak hal yang belum diketahui mengenai bagaimana remisi diabetes bekerja. Bila mengacu pada bukti ilmiah terkuat, kondisi itu bisa dicapai melalui penurunan berat badan.

"Bila Anda mengalami diabetes, Anda lebih mungkin mencapai remisi diabetes bila Anda menurunkan berat badan 15 kilogram, secepat dan seaman mungkin setelah terdiagnosis (diabetes)," kata Diabetes UK.

 

Penyandang diabetes yang ingin menurunkan berat badan untuk mencapai remisi disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter. Dengan begitu, dokter bisa membantu memilihkan cara terbaik untuk menurunkan berat badan dengan aman.

"Lalu, Anda mungkin perlu menurunkan atau menyetop obat-obatan apa pun, seperti insulin atau sulphonylurea contohnya, sebelum Anda mulai menurunkan berat badan," ungkap Diabetes UK.

Perlu diketahui pula, penurunan berat badan yang cepat tidak disarankan bagi orang yang memiliki berat badan sehat, orang berusia di bawah 18 tahun, ibu hamil, ibu menyusui, atau orang yang didiagnosis dengan gangguan makan.

Ada empat cara penurunan badan yang dianjurkan Diabetes UK untuk penurunan berat badan dan upaya pencapaian remisi bagi penyandang diabetes tipe 2. Berikut ini adalah tiga pola makan dan satu cara lain yang bisa dicoba, seperti dikutip dari The Sun, Jumat (5/11).

Baca juga : BPJS Kesehatan Beri Penghargaan kepada Polda Gorontalo

Diet rendah kalori

Bukti terbaik untuk remisi diabetes adalah diet atau pengaturan pola makan rendah kalori dengan jumlah asupan kalori berkisar antara 850-1200 kalori per hari. Diet ini tentu tidak mudah untuk diterapkan dalam jangka panjang karena asupan makanan yang sedikit dapat memunculkan efek samping seperti mual dan sakit kepala.

Akan tetapi, menurut studi yang dibiayai Diabetes UK, diet rendah kalori dapat membantu seperempat penyandang diabetes menurunkan 15 kg berat badan mereka. Diet ini juga membantu 86 persen dari mereka mencapai remisi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement