Kamis 04 Nov 2021 02:58 WIB

Mengenal Lebih Jauh Perbedaan Vegan dan Vegetarian

Baik vegan maupun vegetarian memiliki manfaat bagi tubuh.

Salad sayur, makanan vegetarian.
Foto:

Vegan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, seorang vegan sama sekali tidak mengonsumsi atau bahkan tidak menggunakan produk yang berasal dari hewan. Mengutip Health, veganisme mengecualikan semua makanan hewani termasuk daging, unggas, makanan laut, susu, atau bahan apa pun yang bersumber dari hewan.

Selain itu, seorang vegan juga tidak akan melibatkan produk-produk hewan dalam gaya hidupnya. Hal ini termasuk dengan tidak menggunakan produk rumah tangga apa pun yang berasal dari hewan, kosmetik atau sabun yang berasal dari hewan, dan lain sebagainya.

Manfaat Vegan dan Vegetarian

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa pola makan vegetarian dan vegan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Dikutip dari Medical News Day, sebuah studi pada tahun 2018 meneliti efektivitas diet nabati pada 49 orang dewasa yang kelebihan berat badan dan memiliki penyakit seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung iskemik, tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol tinggi.

Pada penelitian tersebut, para peneliti secara acak menugaskan peserta untuk melakukan diet dan perawatan normal atau program diet nabati rendah lemak yang terdiri dari makanan utuh rendah lemak. Selain itu, mereka juga diwajibkan untuk berolahraga secara teratur.

Dalam kurun waktu 6 bulan dan 12 bulan, peserta dalam kelompok diet mengalami penurunan indeks massa tubuh (BMI) dan kadar kolesterol yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak menjalani diet vegan dan vegetarian.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement