Selasa 02 Nov 2021 17:18 WIB

Jangan Abaikan Kolesterol di Usia Muda

Pola makan buruk di usia muda bisa pengaruhi kadar kolesterol.

Pola makan buruk di usia muda bisa pengaruhi kadar kolesterol.
Foto:

Terkait kolesterol tinggi dan hipertensi, dr Vito mengatakan salah satu cara yang efektif untuk mencegah dan mengendalikannya adalah melalui pola hidup yang sehat. Misalnya, berhenti merokok, tidur cukup, menerapkan pola hidup aktif, serta memperbaiki pola makan.

"Pasien saya, 70 tahun masih fit, beliau gym tiap hari sejak muda, sekarang sudah menuai hasilnya," jelas dr Vito mencontohkan.

 

Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah studi dalam Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa konsumsi kacang pecan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Studi ini dilakukan oleh peneliti dari University of Georgia College of Family and Consumer Sciences.

Studi ini melibatkan partisipan yang memiliki risiko terhadap penyakit kardiovaskular. Selama studi berlangsung, para partisipan diminta untuk menambahkan kacang pecan ke dalam pola makan sehari-hari mereka dalam kurun waktu delapan pekan.

Hasil studi menunjukkan adanya perbaikan yang signifikan pada angka kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat yang dimiliki para partisipan. Penurunan rata-rata kadar kolesterol total para partisipan adalah sebesar 5 persen, sedangkan penurunan kadar kolesterol LDL mereka berkisar pada 6-9 persen.

Penurunan kadar kolesterol LDL sebesar 6-9 persen mungkin sepintas tampak tidak berarti. Namun faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa penurunan kadar kolesterol LDL sebesar 1 persen saja sudah berkaitan dengan penurunan risiko sakit jantung.

Sebagian partisipan juga diketahui sudah memiliki kadar kolesterol yang tinggi pada saat studi baru di mulai. Ketika studi telah rampung, mereka tak lagi memiliki kadar kolesterol

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement