Selasa 02 Nov 2021 16:16 WIB

Vaksin Covid-19 dan Flu Boleh Diberikan Secara Bersamaan

Vaksin Covid-19 dan flu boleh diberikan bersamaan, baik pada orang dewasa dan anak.

Vaksin Covid-19 dan flu boleh diberikan bersamaan, baik pada orang dewasa dan anak.
Foto:

Bila ingin memberikan vaksin flu dan vaksin Covid-19 dalam waktu yang berbeda, Deeter mengatakan yang perlu menjadi prioritas adalah vaksin Covid-19. Meski beberapa ahli lain juga merekomendasikan untuk mempriortaskan vaksin Covid-19, bukan berarti vaksin flu tidak penting.

Menurut data dari CDC, vaksinasi flu berhasil mencegah jutaan kasus penyakit flu dan kunjungan ke dokter terkait flu setiap tahun. Pada 2019-2020 misalnya, vaksinasi flu diperkirakan mampu mencegah sekitar 7,5 juta kasus penyakit flu di Amerika Serikat.

Perlu dipahami bahwa semua vaksin, termasuk vaksin flu, tidak memiliki efektivitas 100 persen. Namun sekalipun orang yang divaksinasi tertular flu, tingkat keparahan dan risiko kematian yang dimiliki jauh lebih rendah.

"Vaksin ini benar-benar melindungi individu dari kematian dan infeksi berat," pungkas Deeter.

Orang tua dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikan vaksin Covid-19 dan flu pada anak. Selalu perhatikan pula rekomendasi pemberian vaksin terkini untuk anak berusia di bawah 11 tahun.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement