Rabu 20 Oct 2021 00:25 WIB

Cara Memasak yang Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

Di samping pilihan makanan, cara memasak juga bisa bantu turunkan kolesterol.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Ikan kukus. Mengukus termasuk cara masak yang dapat membantu menurunkan kolesterol.
Foto:

Anda juga dapat memilih potongan daging tanpa lemak daripada potongan lemak untuk membantu menurunkan kadar koleksterol. Memilih variasi produk susu dan olesan rendah lemak juga bisa dilakukan.

Ilmuwan nutrisi di Thriva, Aisling Moran , mengatakan, mengonsumsi makanan tinggi serat larut juga membantu menurunkan kadar kolesterol. Contohnya gandum, kacang merah, kubis brussel, dan apel.

"Jenis serat ini membantu membersihkan kolesterol LDL, membantu menurunkan kadar kolesterol Anda," kata Moran, dilansir The Sun, Selasa (19/10).

Kolesterol LDL (low-density lipoprotein) membentuk sebagian besar kolesterol tubuh, dan kadarnya yang tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Cara mengukur kadar kolesterol darah adalah menggunakan satuan milimol per liter darah (mmol/L).

Kadar kolesterol Anda harus berada di level 5 mmol/L atau kurang untuk orang dewasa yang sehat dan 4 mmol/L atau kurang untuk mereka yang berisiko tinggi. Untuk LDL, levelnya harus berada di angka 3 mmol/L atau kurang untuk orang dewasa yang sehat dan 2 mmol/L atau kurang untuk mereka yang berisiko tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement