Rabu 20 Oct 2021 00:25 WIB

Cara Memasak yang Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

Di samping pilihan makanan, cara memasak juga bisa bantu turunkan kolesterol.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Ikan kukus. Mengukus termasuk cara masak yang dapat membantu menurunkan kolesterol.
Foto: Flickr
Ikan kukus. Mengukus termasuk cara masak yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kadar koleksterol normal merupakan salah satu indikator kesehatan seseorang. Kadar kolesterol yang tinggi utamanya disebabkan oleh makan makanan berlemak dan tidak cukup olahraga.

National Health Service (NHS) di Inggris mengatakan, penting menjaga kolesterol tetap terkendali untuk menghindari risiko penyakit jantung dan strok. Berdasarkan penelitian dari Flora ProActiv, sekitar satu dari lima orang Inggris telah diberi tahu mereka memiliki kolesterol tinggi, tetapi tidak tahu harus berbuat apa.

Baca Juga

Sementara itu, sekitar sepertiga dari populasi tidak pernah menjalani tes kolesterol. Lalu, 41 persen menganggap mereka tidak membutuhkannya.

Kolesterol yang meningkat terkait erat dengan diet tinggi lemak jenuh. Untuk memiliki diet seimbang, Anda harus memasukkan semua kelompok makanan, termasuk lemak, dalam diet.

Ada cara mudah menurunkan asupan lemak. Itu semua berkaitan dengan cara memasak makanan.

Alih-alih memanggang atau menggoreng makanan, ada cara sederhana, dan sering kali lebih cepat untuk memasak yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Menurut NHS, metode memasak yang bisa membantu menurunkan kolesterol ialah memanggang, mengukus, penguahan alias merebus dengan api kecil (poaching), merebus dengan api besar, dan mematangkan makanan dengan microwave.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement