Senin 11 Oct 2021 14:47 WIB

Dokter Jelaskan Hipoglikemia, Kondisi yang Dialami Dorce

Tak cuma diabetesi, siapapun bisa kena hipoglikemia.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Dorce Gamalama dirawat di rumah sakit akibat hipoglikemia sejak Kamis (7/10).
Foto:

Diabetesi lebih rentan mengalami hipoglikemia karena obat-obatan dan insulin yang digunakan melebihi dosis. Insulin berperan mengendalikan glukosa, termasuk menurunkan kadar gula darah yang terlalu tinggi. Tapi ada risiko tubuh justru kelebihan insulin jika digunakan secara tidak tepat sehingga kadar gula darah pun tidak sekadar turun, tapi malah melorot di bawah normal.

photo
Persiapan diabetesi sebelum divaksinasi. - (Republika)

Siapa pun bisa terkena hipoglikemia ketika ada faktor risikonya. Misalnya, seseorang yang berpuasa atau telat makan sehingga asupan karbohidratnya kurang atau seseorang yang memforsir tenaganya dalam suatu aktivitas.

"Tapi yang paling sering mengalami hipoglikemia adalah para pengidap diabetes karena faktor penggunaan insulin dan obat yang tidak sesuai dengan dosis," jelas dr. Fakhrunnisa.

Orang yang mengalami hipoglikemia cenderung merasa tidak nyaman, tubuhnya lemas, sulit berkonsentrasi, gemetar, pusing, mengantuk, kelaparan, sehingga aktivitasnya sehari-hari terganggu. Selain itu, ia juga mengalami badan gemetar, berkeringat, merasa kelaparan, kebingungan, pandangan mata ganda atau kabur, hilang keseimbangan, mudah marah, bicara tidak jelas, dan masih merasa lelah saat bangun tidur pada pagi hari.

"Jika parah, penderita hipoglikemia bisa tiba-tiba pingsan sehingga berbahaya jika mereka sedang dalam perjalanan, misalnya saat menyetir mobil," kata dr. Fakhrunnisa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement