Ahad 10 Oct 2021 16:02 WIB

Sering Buang Air Kecil? Mungkin Ini Penyebabnya

Jika Anda merasa kebiasaan ini menganggu, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Penyebab sering buang air kecil (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Penyebab sering buang air kecil (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dorongan untuk sering pergi ke toilet terkadang cukup mengganggu. Utamanya, ketika Anda sedang di perjalanan.

Kebutuhan untuk buang air kecil dapat dikaitkan dengan banyak faktor, beberapa di antaranya dapat dikendalikan, sementara yang lain berkaitan dengan kondisi kesehatan tertentu yang tidak dapat Anda bantu. Jika Anda adalah seseorang yang berjuang dengan itu, maka mungkin Anda mengalami masalah kesehatan yang tercantum di bawah ini. Yang terbaik adalah waspada terhadap gejala lain dan periksakan diri Anda ke dokter.

1. Infeksi saluran kemih 

Dilansir di laman Times of India, Ahad (10/10), sistem kemih yang terinfeksi yang terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra disebut infeksi saluran kemih. Ini terjadi ketika mikroba seperti bakteri mengambil alih pertahanan saluran kemih, menyebabkan gejala termasuk sering ingin buang air kecil, rasa sakit, sensasi terbakar saat buang air kecil, sakit perut, dan banyak lagi. Infeksi saluran kemih dapat memengaruhi pria dan wanita dan dapat menyebabkan gejala yang hampir sama.

2. Diabetes

Sering buang air kecil juga bisa disebabkan diabetes tipe 1 atau tipe 2. Diabetes yang tidak terkontrol berarti kadar gula darah tinggi dalam tubuh, yang menyebabkan lebih banyak cairan keluar dari ginjal dalam bentuk urine. Hal ini selanjutnya dapat menyebabkan rasa haus dan lapar yang berlebihan, penurunan berat badan, kelelahan, masalah penglihatan, dan perubahan suasana hati.

3. Tiroid

Hipertiroidisme mengacu pada suatu kondisi di mana kelenjar tiroid terlalu aktif dan menghasilkan lebih banyak hormon dari biasanya. Ini dapat memengaruhi fungsi ginjal, yang menyebabkan sering buang air kecil. Gejala lain termasuk penurunan berat badan, irama jantung tidak teratur, insomnia, rambut rontok, dan sering buang air besar.

4. Masalah prostat

Kanker prostat adalah salah satu kanker paling umum yang menyerang pria. Prostat, yang merupakan kelenjar kecil dalam sistem reproduksi pria, menghasilkan cairan yang memperkaya air mani. Pembesaran prostat dapat menyebabkan banyak komplikasi, mulai dari sering buang air kecil, rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil, hingga kesulitan menghentikan atau memulai buang air kecil.

5. Strok

Strok sering kali dapat merusak saraf yang mengatur fungsi kandung kemih. Mengingat bahwa saraf tidak dapat mengirim sinyal yang tepat ke kandung kemih, hal itu dapat menyebabkan sering buang air kecil, yaitu ketidakmampuan untuk menahan urin. inkontinensia urin, dorongan tiba-tiba untuk buang air kecil atau ketidakmampuan untuk buang air kecil.

6. Batu kandung kemih atau ginjal

Batu kandung kemih atau ginjal adalah kelompok mineral yang keras dan padat yang terbentuk di dalam organ. Ini dapat mengiritasi kandung kemih dan ketika membesar, dapat menyebabkan rasa sakit yang parah. 

Namun, batu yang terbentuk di ginjal tidak mirip dengan batu kandung kemih. Mereka berkembang secara berbeda. Batu ginjal kecil dan dapat berjalan ke ureter dan ke kandung kemih. Jika tidak diobati, dapat tumbuh menjadi batu kandung kemih yang menyebabkan sering buang air kecil dan sensasi menyakitkan lainnya disertai dengan sakit perut dan ketidaknyamanan.

7. Kecemasan

Ketika seseorang merasa gugup dan diliputi perasaan takut dan takut, dia menghadapi kecemasan. Menurut para peneliti, ini terkadang dapat menyebabkan kandung kemih terlalu aktif. Kecemasan menyebabkan ketegangan otot yang diyakini memengaruhi otot-otot kandung kemih dan menyebabkan keinginan untuk buang air kecil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement