Kamis 07 Oct 2021 11:33 WIB

Menyendiri Juga Baik untuk Kesehatan Mental

Menyendiri bukan berarti antisosial.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kesehatan mental penting untuk dijaga (ilustrasi). Menyendiri atau menyediakan waktu untuk diri sendiri punya peranan penting dalam menjaga kesehatan mental.
Foto:

3. Berkuasa atas diri

Ketika Anda tinggal sendiri, pergi makan sendirian, atau menghabiskan waktu dengan diri sendiri, Anda punya kendali atas semuanya tanpa harus repot dengan intervensi orang lain. Tidak akan ada orang yang menghakimi, mengomentari, atau membuat Anda kesal. Hal ini kemudian bisa membantu meningkatkan suasana hati.

4. Produktif

"Me time" juga bisa membuat produktivitas meningkat. Apalagi, Anda tidak khawatir tentang apa yang dilakukan orang lain atau bagaimana mereka menilai pekerjaan Anda.

5. Mandiri

Menghabiskan waktu sendirian juga melatih Anda untuk mandiri dan berdaya, tak tergantung pada bantuan atau pendapat orang lain. Melatih diri sendiri untuk mandiri pada akhirnya membantu Anda lebih rileks dan merangkul kebebasan baru.

Namun jangan salah paham ya, menyendiri berbeda dengan antisosial. Dr Satija menjelaskan, antisosial atau menghindari kontak sosial dengan orang lain malah bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental, dan bisa menjadi gejala kecemasan atau depresi.

Baca juga : Jokowi Minta Produksi Jagung Ditingkatkan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement