Kamis 07 Oct 2021 11:33 WIB

Menyendiri Juga Baik untuk Kesehatan Mental

Menyendiri bukan berarti antisosial.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kesehatan mental penting untuk dijaga (ilustrasi). Menyendiri atau menyediakan waktu untuk diri sendiri punya peranan penting dalam menjaga kesehatan mental.
Foto: Corbis
Kesehatan mental penting untuk dijaga (ilustrasi). Menyendiri atau menyediakan waktu untuk diri sendiri punya peranan penting dalam menjaga kesehatan mental.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang percaya bahwa bersosialisasi itu bisa membantu menghilangkan stres. Meski begitu, ada kalanya kita butuh waktu sendiri dan benar-benar menikmati waktu seorang diri.

Konsultan psikiater dan psikoterapis dari India, Dr Ruhi Satija, mengatakan bahwa menyendiri memainkan peran penting dalam kesehatan mental.

Baca Juga

"Berada di sekitar orang lain menghadirkan konsekuensi tertentu yang bisa membuat stres. Anda khawatir tentang apa yang orang pikirkan, Anda harus mengubah perilaku demi menghindari penolakan dan untuk menyesuaikan diri," kata dia.

Menurut Dr Satija, ada perbedaan antara kesepian dan sendirian. Kesepian dikaitkan dengan emosi negatif dan perasaan ditinggalkan, sementara sendirian membantu seseorang menjadi lebih nyaman dengan dirinya sendiri.

"Ketika Anda sendirian, Anda dapat membuat pilihan tanpa pengaruh dari orang lain, dan itu akan membantu Anda mengenali diri sendiri," kata Dr Satija.

Baca juga : Perubahan Gaya Hidup akibat Pandemi Pengaruhi Psikis

Lebih lanjut, berikut beberapa manfaat dari menyendiri untuk kesehatan mental, seperti dikutip dari Indian Express, Kamis (7/10).

1. Eksplorasi diri

Saat menyendiri, Anda bisa merasa nyaman dan mempunyai waktu untuk mengeksplorasi diri sendiri. Anda bisa mempertimbangkan berbagai pilihan di masa depan, hal yang disukai dan tidak disukai, dan lainnya.

2. Kreativitas

Kreativitas adalah hal penting untuk menjaga kesehatan mental. Menghabiskan waktu sendiri dengan menjalani hobi dan menggali potensi untuk menciptakan sesuatu adalah cara yang bagus untuk menyehatkan diri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement