Kamis 30 Sep 2021 13:00 WIB

Bayi Kelelahan Saat Menyusu: Gejala Penyakit Jantung Bawaan

Waspadai gejala penyakit jantung bawaan pada anak.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu menimang bayinya. Orang tua perlu mewaspadai gejala penyakit jantung bawaan pada anaknya. Salah satu gejalanya ialah bayi tampak kelelahan saat menyusu.
Foto:

Menurut dr Budi, gejala kebiruan pada bayi yang baru lahir cenderung sulit terlihat. Dalam kondisi ini, pengecekan saturasi oksigen dapat membantu deteksi dini PJB.

Beberapa tanda PJB yang juga patut diwaspadai adalah infeksi paru berulang, sindrom atau kelainan bawaan lain, pingsan, berdebar, atau nyeri dada. Selain itu, kondisi anak yang kurus atau stunting juga patut diwaspadai sebagai tanda PJB.

"Tapi bisa juga (anak dengan PJB) kelihatan sehat," tutur dr Budi.

Orang tua, lanjut dr Budi, memiliki peran penting dalam mengenali gejala dan tanda PJB pada anak mereka. Bila menemukan gejala atau tanda PJB, orang tua sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Upaya lain yang perlu dilakukan adalah memberikan asupan nutrisi yang adekuat dan memantau tumbuh kembang anak. Hal lain yang disarankan dr Budi adalah memastikan kelengkapan imunisasi anak dan melakukan upaya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anak.

"Harus ekstra untuk menjaga kesehatan gigi mulut, karena ini berisiko infeksi pada jantung ya," ungkap dr Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement