Rabu 29 Sep 2021 16:27 WIB

Rekaman Lagu John Lennon Terjual Rp 831 Juta

Rekaman lagu John Lennon tersebut sudah berusia 40 tahun dan tak pernah diterbitkan.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Sebuah kaset yang berisi rekaman lagu dengan total durasi 33 menit kenangan mendiang John Lennon dan istrinya Yoko Ono, terjual di rumah lelang Bruun Rasmussen.
Foto: lifesite.com
Sebuah kaset yang berisi rekaman lagu dengan total durasi 33 menit kenangan mendiang John Lennon dan istrinya Yoko Ono, terjual di rumah lelang Bruun Rasmussen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah kaset yang berisi rekaman lagu dengan total durasi 33 menit kenangan mendiang John Lennon dan istrinya Yoko Ono, terjual di rumah lelang Bruun Rasmussen. Kaset itu berisi lagu yang direkam pada 1970 berjudul Radio Peace yang belum pernah dirilis oleh John Lennon. Tak hanya itu, kaset juga berisi wawancara Lennon dan istrinya Yoko Ono. 

Seorang pemenang lelang yang beruntung membelinya seharga 58,125 dolar AS (Rp 831 juta). Pemenang lelang itu beruntung bisa mendengarkan secara eksklusif lagu itu setelah lebih dari 40 tahun setelah kematian sang musisi.

Baca Juga

Menurut laman People, Rabu (29/9), rekaman itu direkam di New Experimental College di Skyum Bjerge, Denmark, pada 5 Januari. Momentum itu tepat 10 tahun sebelum Lennon ditembak dan dibunuh di New York City.

Wawancara pada rekaman itu dihadiri hanya 10 orang yang terdiri atas sekelompok kecil jurnalis dan empat siswa berusia 16 tahun yang tiba setelah konferensi pers resmi. Menurut rumah lelang, empat siswa itu ingin berbicara dengan mantan anggota The Beatles untuk majalah sekolah. 

"Lennon berbicara tentang alasan berada di Skyum Bjerge, bagaimana seni dan musik mereka memperjuangkan perdamaian dunia dan bagaimana semua orang dapat berkontribusi pada perdamaian dunia," menurut deskripsi rekaman itu. 

Selain itu, pada deskripsi rekaman juga menyebut ada pembicaraan tentang panjang rambutnya. Bahkan, rekaman itu juga menyebutkan adanya diet mikro-makro yang dijalani mereka,  bagaimana tampil bersama The Beatles, dan pentingnya menghancurkan citra Beatle. Pada satu titik, Lennon secara singkat memainkan Radio Peace yang belum pernah dirilis, serta Give Peace a Chance setelah dia diminta oleh seorang siswa untuk bermain gitar.

“Lagu-lagu itu disajikan dalam versi yang sedikit berbeda dalam wawancara ini,” ujar Bruun Rasmussen. 

Pada saat rekaman, The Beatles saat itu sudah bubar, tepatnya setelah mereka merekam apa yang akan menjadi sesi studio terakhir pada Agustus 1969. Menurut rumah lelang, Lennon dan Ono telah berada di Denmark untuk alasan pribadi sejak Desember 1969. Saat itu, Ono ingin mendiskusikan masa depan putrinya yang masih kecil, Kyoko, dengan mantan suaminya Anthony Cox, yang telah pindah ke negara Skandinavia.

"Suasananya sangat santai mungkin karena wawancara dilakukan setelah konferensi pers resmi. Foto-foto menunjukkan Lennon dan Ono dengan Kyoko duduk-duduk di sofa dengan kaki bertumpu di atas meja kopi,” tulis laporan rekaman tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement