Sabtu 30 Sep 2023 08:33 WIB

Public Figure yang Tewas Dibunuh Fans-nya Sendiri, Cinta Berujung Obsesi?

Cinta yang dirasakan sebagian penggemar terhadap idolanya bisa berujung obsesi.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Lukisan wajah John Lennon. John Lennon menjadi salah satu bintang yang dibunuh penggemarnya sendiri. (ilustrasi)
Foto: EPDok. A-EFE/MARTIN DIVISEK
Lukisan wajah John Lennon. John Lennon menjadi salah satu bintang yang dibunuh penggemarnya sendiri. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggemar menjadi sosok yang dibutuhkan bagi para selebritas. Dukungan penggemar bisa membuat selebritas menjadi semakin sukses.

Namun, tidak semua penggemar melakukan hal itu. Ada sebagian dari mereka yang menjadi obsesi. Sikap ini ternyata tidak bisa disepelekan karena bisa membawa maut bagi selebriti. Ada beberapa selebriti yang tewas di tangan penggemarnya, yuk simak daftarnya, seperti dilansir Celebrity Nine, Selasa (26/9/2023):

Baca Juga

1. Rebecca Schaeffer

photo
Rebecca Schaeffer (kiri). - (CBS)

 

Rebecca Schaeffer dibunuh oleh penguntitnya ketika dia berusia 21 tahun. Aktris ini membintangi sitkom tahun 1980-an "My Sister Sam", sebuah acara yang menarik perhatian bintang muda tersebut.

Salah satu penggemar, Robert John Bardo, dilaporkan menjadi tergila-gila dengan Schaeffer dan menguntitnya selama tiga tahun. Dia juga menulis banyak surat dan berusaha menemuinya di lokasi syuting.

Pada 1989, Bardo dilaporkan menemukan alamat Schaeffer dan muncul di apartemennya. Di sana, dia menembak Schaeffer. Menurut laporan, dia marah setelah mengetahui Schaeffer melakukan adegan di tempat tidur dengan seorang pria.

2. Christina Grimmie

photo
Christina Grimmie - (Reuters)

 

Christina Grimmie terbunuh oleh penggemar fanatik pada 2016. Penyanyi pendatang baru ini baru saja menempati posisi ketiga di The Voice US. Sayangnya, dia ditembak tiga kali oleh penggemarnya, Kevin James Loibl, saat memberikan tanda tangan setelah konsernya di Orlando.

Loibl yang tergila-gila dengan Grimmie pergi ke Orlando membawa dua pistol dan pisau. Saudara laki-laki Grimmie berada di acara tersebut dan berusaha untuk menjegal pria itu. Namun Grimmie dinyatakan meninggal beberapa jam kemudian saat berusia 22 tahun.

3. Gianni Versace

photo
Desainer Gianni Versace - (EPA)

 

Gianni Versace berusia 50 tahun ketika dibunuh di tangga di luar vila mewahnya di Versace di Miami, Florida. Perancang busana ini sedang membeli kopi dan majalah pada pagi hari tanggal 15 Juli 1997. Namun ketika dia kembali ke rumahnya seperti biasa, dia diadang dan ditembak oleh penggemar gila Andrew Cunanan.

Belakangan terungkap Cunanan melakukan pembunuhan besar-besaran, menembak lima orang termasuk desainer terkenal. Ketika polisi Miami memusatkan perhatian pada dia setelah pembunuhan tersebut, Cunanan bunuh diri di dalam gudang perahu Miami Beach delapan hari kemudian.

4. Selena Quintanilla

photo
Nama Selena Quintanilla di Walk of Fame. - (Dok. EPA-EFE/MIKE)

 

Selena Quintanilla merupakan salah satu penyanyi terkenal pada 1990-an. Yolanda Saldívar merupakan penggemar terbesarnya dan meminta keluarga Quintanilla untuk mengizinkannya memulai klub penggemar.

Segera Saldívar masuk ke dalam kehidupan Quintanilla sebelum dia dilaporkan mulai menggelapkan uang dari klub penggemar. Pada 1995, Saldívar membujuk Quintanilla ke kamar hotel untuk mendiskusikan keuangan, namun Saldívar malah menembak bahunya.

Quintanilla yang terluka berhasil melarikan diri dan memberi tahu staf resepsi nama pembunuhnya dan nomor kamarnya. Namun, dia kehilangan terlalu banyak darah dan meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

5. Dimebag Darrell

photo
Orang-orang berkumpul saat acara peringatan untuk mengenang gitaris heavy metal Dimebag Darrell. - (Dok. EPA/JAY LAPRETE)

 

Dimebag Darrell, gitaris band heavy metal Pantera dan Damageplan, ditembak oleh seorang penggemar gila di konsernya pada 2004. Darrell sedang tampil di panggung di Columbus, Ohio ketika penggemar gila Nathan Gale menembak dan membunuhnya di atas panggung.

Dia ditembak lima kali, dengan dua tembakan dilepaskan dari jarak dekat. Gale menyalahkan Darrell atas bubarnya Pantera.

6. John Lennon

photo
John Lennon (kanan) dan Yoko Ono (kiri). - (NPR.org)

 

Bintang The Beatles John Lennon dibunuh di luar The Dakota, gedung apartemennya di New York City, pada 1980 saat berusia 40 tahun. Penyanyi itu ditembak dan dibunuh oleh penggemar gila Mark David Chapman.

Chapman menembaknya empat kali. Kini dia masih berada di balik jeruji besi hingga hari ini. Pada 2020, pembebasan bersyaratnya ditolak untuk ke-11 kalinya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement