Sabtu 28 Oct 2023 23:23 WIB

The Beatles Bakal Rilis Lagu dengan Suara John Lennon Versi AI, Paul McCartney: Jernih

The Beatles akan merilis lagu baru yang belum banyak diketahui publik.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Film The Beatles: Get Back. The Beatles akan merilis lagu baru dengan suara John Lennon versi AI.
Foto: Disney+
Film The Beatles: Get Back. The Beatles akan merilis lagu baru dengan suara John Lennon versi AI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup musik The Beatles bubar beberapa dekade yang lalu dan hanya ada dua anggota yang masih hidup. Namun, mereka akan segera merilis satu single.

Pada Kamis (26/10/2023), situs resmi Beatles mengumumkan lagu berjudul "Now and Then". Hal yang menarik dari lagu tersebut adalah dibuat dengan perangkat lunak audio kecerdasan buatan (AI) yang menangkap vokal John Lennon.

Baca Juga

Lagu Beatles baru akan dirilis pada 2 November. John Lennon menulis dan merekam demo tersebut sebelum pembunuhannya pada tahun 1980. 

Keterbatasan teknologi sebelumnya tidak dapat memisahkan vokal Lennon dari piano sehingga membuatnya tidak dapat digunakan untuk rekayasa suara. Namun, perangkat lunak AI yang dikembangkan oleh sutradara Peter Jackson berhasil mengisolasi vokal Lennon sehingga memungkinkan perilisan lagu terbaru.

 

Dilansir Mashable, Sabtu (28/10/2023), sebenarnya ada kontroversi seputar penggunaan AI untuk membuat audio deepfake, yaitu lagu karya pencipta anonim Ghostwriter yang menggunakan suara Drake dan The Weeknd. Namun, sebagian besar kemarahan berasal dari kurangnya persetujuan. Sebaliknya, anggota The Beatles yang tersisa ikut terlibat aktif dalam mewujudkan lagu buatan AI ini.

"Itu dia, suara John, jernih sekali. Cukup emosional. Dan kami semua memainkannya. Itu rekaman asli Beatles. Pada tahun 2023, masih mengerjakan musik Beatles dan akan merilis lagu baru yang belum banyak diketahui publik. Saya tidak mendengarnya, saya pikir itu hal yang menarik,” kata Paul McCartney.

Para penggemar Beatles sudah tidak sabar menunggu detail lebih lanjut tentang lagu tersebut. Lennon telah merekam demo lagu dengan vokal dan pianonya di tahun 1970-an yang akhirnya diberikan kepada anggota yang tersisa, McCartney, Starr, dan George Harrison di tahun 1990-an oleh istri Lennon, Yoko Ono. Demo tersebut ditunda sampai dokumentasi Jackson membuka kemungkinan baru untuk mengekstraksi vokal Lennon.

WingNut Films, perusahaan produksi Jackson, mengembangkan teknologi pembelajaran audio mesin (MAL) yang memisahkan audio dari rekaman dokumenter asli Get Back. Hal ini memungkinkan pembuat film untuk mengisolasi dan memadukan ulang instrumen dan audio vokal, termasuk cuplikan percakapan yang menarik.

Dengan menerapkan teknologi MAL pada demonya, Jackson dan timnya mendapatkan kualitas audio yang dibutuhkan untuk merekam ulang lagu tersebut dengan anggota The Beatles yang tersisa. "Jika dia ada di sini hari ini, Dhani dan saya tahu dia akan dengan sepenuh hati bergabung dengan Paul dan Ringo dalam menyelesaikan rekaman 'Now And Then'," kata Olivia, istri Harrison.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement