Jumat 24 Sep 2021 03:38 WIB

5 Cara Cegah Nyeri Punggung Bawah

Terlalu lama duduk bisa picu nyeri punggung bawah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Nyeri punggung bawah bisa dicegah (Ilustrasi).
Foto:

3. Pemulihan

Memiliki jeda pemulihan merupakan hal yang sama pentingnya dengan berolahraga. Tanpa waktu yang depat untuk pemulihan, stres dari bekerja, latihan, dan kehidupan bisa menumpuk dan memicu nyeri punggung bawah.

Buat jadwal yang seimbang antara latihan, bekerja, hingga tidur. Perlu dipahami bahwa tidur merupakan metode pemulihan paling mudah dan paling efektif.

Tanpa tidur yang cukup, performa hingga kemampuan konsentrasi bisa menurun. Selain itu, kondisi tersebut juga dapat meningkatkan risiko cedera. Masalah ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya nyeri, karena tidur pada dasarnya merupakan hal terpenting dalam perbaikan jaringan, serta restorasi hormon dan kadar glukosa.

4. Postur

Banyak orang yang menjalani WFH dengan postur tubuh kurang baik dan cara duduk yang keliru. Sering kali, seseorang berada dalam satu posisi yang sangat lama ketika melakukan WFH.

Tak adanya perubahan ini dapat memicu terjadinya nyeri punggung bawah. Biasakan untuk melakukan perubahan posisi setiap 30 menit, misalnya berdiri atau berjalan keliling setelah duduk selama 30 menit.

5. Ergonomi

Bekerja dengan ergonomi yang optimal dapat menurunkan stres yang dirasakan oleh tubuh. Sebagai contoh, duduk di kursi suportif bisa dilakukan lebih lama dan nyaman dibandingkan duduk di bangku tanpa sandaran.

Duduk di bangku tanpa sandaran akan membutuhkan lebih banyak upaya dari tubuh untuk mempertahankan posisi yang baik. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya nyeri.

Baca juga : Kekebalan Vaksin Covid-19 Berkurang Seiring Waktu, Artinya?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement