Kamis 16 Feb 2023 05:08 WIB

Tips Kesehatan yang Harus Anda Lakukan Setelah Usia 50 Menurut Dokter

Ada beberapa tips kesehatan yang bermanfaat untuk orang berusia di atas 50 tahun.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Kakek berusia di atas 50 tahun sedang berolahraga. Setelah usia 50 tahun, ada beberapa tips kesehatan yang harus dilakukan. (ilustrasi)
Foto: www.maxpixel.com
Kakek berusia di atas 50 tahun sedang berolahraga. Setelah usia 50 tahun, ada beberapa tips kesehatan yang harus dilakukan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ahli mengatakan, ada beberapa tips kesehatan yang telah teruji oleh waktu dan sangat bermanfaat bagi bagi Anda yang berusia di atas 50 tahun. Berikut ini enam tips kesehatan yang dapat membantu mengubah kesehatan, seiring bertambahnya usia seperti dilansir laman Best Life Online, Rabu (15/2/2023).

1. Tidur berkualitas

Baca Juga

Tidur berkualitas tinggi yang cukup adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Namun, studi baru-baru ini menemukan orang dewasa di atas usia 50 tahun yang kurang tidur 30 persen lebih mungkin menderita berbagai penyakit kronis.

Itu sebabnya, jika berusia di atas 50 tahun, Anda harus merencanakan untuk tidur antara tujuh dan sembilan jam setiap malam. "Bagaimana Anda memulai hari tergantung pada bagaimana Anda menghabiskan malam," ujar seorang ahli jantung dan ahli medis sukarelawan American Heart Association's Go Red for Women, Harmony Reynolds.

Ahli urologi dan ahli perawatan anti penuaan, Jennifer Berman, mengatakan tidur yang cukup dapat membantu mengurangi stres, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang dapat membantu mencegah penyakit kronis dan meningkatkan penuaan yang sehat.

2. Ikuti pola makan nabati

Mengonsumsi makanan nabati tidak berarti Anda harus menjadi vegetarian yang ketat. Ini hanya berarti meminimalisasi produk hewani seperti daging dan produk susu.

Sajikan banyak makanan nabati di piring Anda seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan polong-polongan. "Jenis diet ini dapat membantu mencegah penyakit kronis dan mendorong proses penuaan yang sehat," ujar Berman. Hal tersebut juga dapat meningkatkan fungsi kognitif, kesehatan kulit, dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

3. Luangkan waktu untuk olahraga ringan

Jika sedang mencari perubahan kesehatan kecil yang memberikan pukulan besar, Reynolds menyarankan Anda untuk melakukan aktivitas fisik singkat ke dalam hari Anda. "Bangun dari kursi; berjalan, menari, melakukan jumping jack, atau melemparkan beberapa pukulan ke udara untuk membuat jantung Anda bergerak," kata dia.

Berman menyebut, latihan kekuatan dapat sangat bermanfaat bagi orang dewasa di atas 50 tahun. Latihan ini membantu mempertahankan dan membangun massa otot, meningkatkan kepadatan tulang, serta meningkatkan keseimbangan dan stabilitas.

4. Latih kesadaran

Karena kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik, maka tren lain yang dapat dicoba adalah menggabungkan latihan mindfulness seperti yoga dan meditasi ke dalam rutinitas harian Anda. "Praktik-praktik ini dapat membantu manajemen stres, mengurangi risiko penyakit kronis, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan," kata Berman.

Hal ini juga dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi tingkat rasa sakit, memungkinkan gaya hidup yang lebih aktif dan memuaskan.

5. Jadilah sober curious atau mempertanyakan kembali alkohol

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak orang mulai memahami bahwa mengurangi alkohol atau bahkan berhenti sama sekali, akan bermanfaat. Para ahli mengatakan, menurunkan asupan alkohol dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, memperbaiki suasana hati, memangkas risiko jenis kanker tertentu, dan  menurunkan berat badan, dan banyak lagi.

Demikian pula, berhenti merokok juga dapat berdampak besar pada kesehatan. "Penggunaan rokok tradisional, rokok elektrik, dan vaping, adalah penyebab utama kematian yang dapat dicegah di AS, termasuk sekitar sepertiga dari semua kematian akibat penyakit jantung," kata Reynolds.

6. Kenakan tabir surya

"Mengenakan tabir surya setiap hari bahkan pada musim dingin, sangat penting bagi individu di atas 50 tahun karena mengurangi risiko kanker kulit dan memperlambat proses penuaan," ujar seorang dokter dan CEO Medistudents, Alex Trevatt. Dengan mengoleskan tabir surya setidaknya SPF 30 setiap hari, Anda dapat melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya, mengurangi risiko kanker kulit, dan mencegah penuaan dini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement