Kamis 16 Sep 2021 19:10 WIB

Sulit Membuat Anak Beralih dari Gawai Tanpa Dipaksa?

Orang tua perlu mewaspadai gejala anak kecanduan gawai.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Ciri-ciri anak kecanduan gadget (gawai).
Foto:

Manipulasi sering kali menjadi taktik yang digunakan oleh anak agar terlibat dalam suatu aktivitas yang mereka tahu mungkin tidak menyenangkan orang-orang di sekitarnya. Mereka dapat saja menggunakan metode manipulasi untuk mencapai tujuannya.

photo
Kecanduan gadget - (republika)

Juru bicara Qustodio mengatakan, apabila anak mencoba memanipulasi situasi, ini mungkin menunjukkan bahwa mereka terlalu lama terpaku pada layar. Ketika anak mereka mencoba menyelundupkan tablet ke kamar tidur pada malam hari atau menyangkal durasi mainnya itu waktunya untuk mengevaluasi kembali batasan.

Dampak fisik

Waktu layar yang berlebihan dapat memengaruhi kesejahteraan fisik anak. Penelitian telah menunjukkan bahwa pola tidur yang terganggu, nyeri leher kronis, postur tubuh yang buruk, keterlambatan bicara, dan interaksi sosial yang kaku, adalah beberapa dampak akibat waktu layar terlalu lama.

Mencegah ketergantungan layar

Jangan melepas perangkat tanpa memberikan hiburan atau tindakan alternatif. Terapkan pendekatan "tidak terlihat, tidak terpikirkan" dengan tidak menunjukan perangkat saat tidak digunakan. Tetapkan batasan secara konsisten dan tidak ada negosiasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement